Pasar Tebet Jadi Lokasi Pertama Tempat Belanja Tak Pakai Plastik

Pedagang menyortir cabai rawit di Pasar Tebet Barat, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Pasar Tebet Barat di Jakarta Selatan menjadi lokasi pertama tidak digunakannya sama sekali kantong plastik sebagai wadah untuk membawa hasil belanja.

Penumpang Mobil Berpelat F Ini Dicari Netizen hingga Dikecam Ridwan Kamil

Menurut Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Syaripudin, pasar yang dikelola BUMD Pasar Jaya itu adalah awal dari penerapan secara menyeluruh Pergub DKI Nomor 142 Tahun 2019, yang pemberlakuan efektifnya baru 1 Juli 2020.

"Sesuai Pergub DKI Nomor 142 Tahun 2019, penggunaan kantong belanja ramah lingkungan tidak hanya menjadi kewajiban pengelola pasar rakyat, namun juga pengelola pusat perbelanjaan dan toko swalayan," ujar Syaripudin di lokasi, Jumat, 28 Februari 2020.

Strategi Perhutani Group Jadikan Cikole Lembang Kampung Bebas Sampah

Syaripudin menyampaikan, pada tahap awal penerapan pergub, DKI menargetkan ada pengurangan sampah plastik sebanyak 600 ton yang rata-rata dihasilkan setiap hari dari 153 pasar yang ada di ibu kota. Hal itu diharapkan mendorong tidak digunakannya sama sekali plastik karena efek buruknya terhadap lingkungan.

"Pasar tradisional merupakan salah satu yang berkontribusi menghasilkan sampah plastik terbesar di DKI Jakarta," tutur Syaripudin.

Kemendagri Minta Pemda Pisahkan Regulator dan Operator Pengelola Sampah

Syaripudin juga mengemukakan, selama uji coba penerapan aturan di Pasar Tebet Barat, DKI, akan memberikan secara gratis kantong-kantong belanja dari kertas bekas ke pedagang. Berdasarkan survei, 89,5 persen pedagang setuju tidak digunakannya lagi kantong plastik sekali pakai di pasar.

"Ke depannya, aturan ini akan efektif jika kita bergerak bersama," kata Syaripudin.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Mobil Dishub DKI Buang Sampah Sembarangan di Puncak Bogor, Ditumpangi Kasatpel

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo buka suara terkait viralnya mobil Dishub berpelat dinas kedapatan membuang sampah sembarangan di puncak Bogor.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024