Rawat Pasien Corona, 71 Perawat RS Mitra Keluarga Depok Dirumahkan

Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok.
Sumber :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan.

VIVA – Sebanyak 71 tenaga medis di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, yang melakukan interaksi langsung dengan pasien positif Virus Corona dirumahkan sementara untuk upaya antisipasi. Pendataan sedang dilakukan untuk memastikan apakah ada paparan virus mematikan tersebut kepada tenaga medis di rumah sakit itu. 

Beras Melonjak Tinggi, Warga Depok: Cari Uang Susah, Harga Naik Terus

Wali Kota Depok Muhammad Idris mengatakan, sebanyak 71 tenaga medis di Rumah Sakit Mitra Keluarga ini berinteraksi dengan pasien yang menjalani perawatan selama tiga hari. proses rawat inap pada 27,28 dan 29 Februari 2020.

"Pihak rumah sakit melakukan antisipasi, direktur tidak sudah datang dan memutuskan merumahkan tenaga medis, jumlah 71 orang dirumahkan, mereka ini sempat berinteraksi. Informasi begitu, sebab pasien tersebut, saat ke rumah sakit lagi harus dirawat, tanggal 27,28,29 dirawat. Banyak perawat interaksi. Ini yang diantisipasi," katanya.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Seperti diketahui, dua orang wanita yang merupakan ibu dan anak, positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. Korban pertama adalah seorang wanita berusia 31 tahun datang lebih dulu untuk melakukan pemeriksaan, namun tidak dirawat. Baru pada perawatan lanjutan, wanita itu menjalani perawatan di rumah sakit tersebut. Wanita ini kemudian memaparkan virus kepada ibunya yang berusia 64 tahun.

"Kami sudah bertemu dengan direktur rumah sakit. Dibenarkan ada kronologi seorang wanita berusia 31 dan ibunya yang berusia 64 tahun itu. Mereka kan sudah dibawa di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, pada Senin 2 Maret 2020.

Keluhan Warga Depok, Berobat Pakai KTP di Puskesmas Ternyata Masih Bayar

Idris memastikan penanganan telah dilakukan sesuai dengan ketentuan. Karena itu, dia meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang. Masyarakat perlu menjaga pola hidup dan menjaga kesehatan dengan sering mencuci tangan dengan sabun, makan dan minum yang teratur untuk menjaga ketahanan fisik. 

"Terutama yang biasa merokok ini, kalau bisa tidak usah merokok, kita di Depok ini sudah ada area dilarang merokok, karena dengan merokok dapat melemahkan daya tubuh kita, intinya agar daya tahan tubuh meningkat, meningkatkan imunitas," ujarnya.

Ilustrasi penyuntikan Vaksin COVID-19

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024