Imbauan MUI Terkait Virus Corona: Perbanyak Wudhu

Ilsutrasi Berwudhu
Sumber :
  • Pixabay/ Tiburi

VIVAnews - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan terkait munculnya kasus virus corona atau covid-19. Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Sholahuddin Al Aiyub, mengatakan MUI mengajak elemen bangsa khususnya umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar terhindar dari musibah dengan memperbanyak taubat, meninggalkan perilaku zalim, perbanyak sedekah, dan meninggalkan permusuhan.

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

"Karena penyebaran virus corona ini bisa jadi merupakan peringatan dari Allah SWT agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada-Nya," tutur Sholahuddin di Kantor MUI, Menteng Jakarta Pusat, Selasa, 3 Maret 2020.

Kedua, MUI juga meminta kepada umat Islam khususnya, untuk melakukan Qunut Nazilah yakni doa untuk menangkal malapetaka saat menjalankan salat fardu. Doa tersebut dibacakan di rakaat terakhir setelah rukuk.

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

"Doa dibaca pelan saat salat sirriyah atau salat yang disunahkan tidak mengeraskan suara seperti salat Zuhur dan Ashar, dan dibaca keras saat salat jahiriyah atau salat yang disunahkan mengeraskan suara seperti salat Magrib, Isya, dan Subuh," katanya.

Kemudian ketiga, kata Solahuddin, MUI juga mengajak kepada umat Islam agar memperbanyak wudhu sesuai tata caranya secara benar dan sempurna, khususnya saat mencuci kedua tangan, kumur dan hidung.

Terima Maaf Pendeta Gilbert, MUI: Dia Tidak Ada Niat Menghina Islam

Selanjutnya MUI juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, menghindari perilaku saling berbantah dan menyalahkan. Serta tidak menyebarkan berita bohong atau hoax dan melakukan semua upaya untuk menangkal penyebaran virus tersebut.

"Terakhir, meminta kepada umat Islam agar berpegang teguh kepada pola hidup yang Islami, dimulai dari makanan, minuman, pakaian, demi meraih ridho Allah SWT sesuai perintah agama," katanya.

Mahalini dan Rizky Febian

Rizky Febian Bakal Nikah Beda Agama dengan Mahalini Raharja, MUI: Tidak Sah!

Terkait rencana pernikahan Mahalini dan Rizky Febian, Ketua MUI, Muhammad Cholil Nafis, memberikan tanggapannya dari sudut pandang seorang ulama terkenal di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024