Imbas Corona, DPR Ikut-ikutan Tes Suhu Tubuh Bagi Tamu dan Pegawai

Petugas Pamdal di DPR cek suhu tubuh tamu yang datang
Sumber :
  • VIVAnews/Eduward Ambarita

VIVA – Isu masuknya virus Corona membuat lembaga negara seperti Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR ikut-ikutan memberlakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi tamu sampai staf. Satu per satu pintu masuk tempat kerja wakil rakyat itu diperiksa bagian petugas pengamanan dalam (pamdal) serta petugas kesehatan DPR.

Cegah COVID-19, Polri Pamer Helm Pintar Pengintai Suhu Badan

Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar, mengatakan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner disiapkan. Penyediaan alat ini ada di pintu depan komplek parlemen, Jalan Gatot Subroto dan pintu belakang Jalan Gelora, Asia-Afrika, Senayan.

"Hari ini kami sudah mengaktifkan 5 thermal scanner di 5 titik pintu-pintu utama akses masuk kompleks parlemen," kata Indra kepada wartawan, 5 Maret 2020.

Pemeriksaan Suhu Tubuh Ternyata Tidak Efektif Deteksi COVID-19

Indra menyatakan, pihaknya sudah punya langkah antisipasi jika ditemukan tamu atau staf saat dites dengan suhu tubuh tinggi. Salah satunya, ia menyebut ada ruangan isolasi dan daftar rumah sakit rujukan.

"Kami punya ruang untuk isolasi ya dan kami siapkan untuk dirujuk ke RS yang sudah ditentukan," ujarnya.

Data Corona Indonesia 4 Juli: 62.142 Positif, 3.089 Meninggal

Pun, terkait ini, sejumlah instansi pemerintahan, rumah tahanan, hingga Istana Kepresidenan mulai melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para tamu yang akan datang. Pemeriksaan juga berlaku bagi para pejabat ketika hadir pada rapat di kantor Presiden belum lama ini.

Langkah ini sebagai antisipasi penyebaran virus Corona yang masuk ke RI. Pengumuman pemerintah disampaikan terkait dua WNI yang dinyatakan positif terinfeksi Corona.
 

Ilustrasi termometer/virus corona/COVID-19.

Cara Paling Tepat Kenali Demam karena COVID-19

Demam adalah salah satu tanda dominan dari COVID-19. Memeriksa temperatur demam juga bisa menjadi cara paling mudah.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2021