Kalau Dua Kali Diperiksa Negatif, Pasien Positif Corona Boleh Pulang

Juru bicara khusus COVID-19 Achmad Yurianto
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Kamis ini, dua warga Depok yang sebelumnya dinyatakna positif COVID-19 atau virus Corona, akan diperiksa kembali. Jika dalam pemeriksaan negatif, maka keduanya bisa pulang.

Update COVID-19 Nasional 11 Mei 2021: Sembuh Tambah 5.592 Orang

Juru bicara khusus COVID-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya mengatakan, untuk kasus pertama dan kedua (keduanya warga Depok), akan diperiksa setelah lima hari mereka berada di RSPI Sulianti Suroso. Keduanya masuk pada 1 Maret 2020.

"Data tiga hari berturut-turut yang saya dapat hari ini, kedua pasien tidak menggunakan kanal oksigen karena tidak sesak dan tidak infus karena tidak berat. Sekarang masih batuk jarang-jarang dan sudah tidak panas, rencana 5 hari masuk RS akan periksa ulang," jelas Yurianto, dalam keterangan pers di Gedung Bina Graha, Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 5 Maret 2020.

Update COVID-19 Nasional 10 Mei 2021: Sembuh 1.574.615 Orang

Kondisi yang sudah baik ini, menurutnya tetap akan dicek lagi. Jika nanti hasil pengecekan pertama ternyata negatif corona, maka akan ditunggu hingga dua hari untuk dilakukan pemeriksaan ulang.

"Kalau negatif, 2 hari kemudian akan periksa lagi. Kalau negatif akan dipulangkan. Ini SOP standar di seluruh dunia," katanya.

Update COVID-19 Nasional 5 Mei 2021: Pasien Sembuh Tambah 5.943

Pemulangan terhadap orang yang awalnya positif corona, bukan hal baru. Bahkan salah seorang WNI yang awalnya positif Corona dari ABK Diamond Princess, akan dipulangkan. Setelah dua kali tes dan hasilnya negatif.

"Contohnya hari ini kita akan terima ABK eks Diamond Princess yang sebelumnya 9 orang dirawat di RS (positif corona di Jepang) hari ini 1 orang pulang karena dua kali periksa negatif, pulang atas biaya perusahaan," jelasnya.

Petugas menangani pasien Corona. (Foto Ilustrasi)

Update COVID-19 Nasional 21 Mei: Pasien Sembuh 1.626.142 Orang

Untuk kasus pasien COVID-19 yang meninggal, per hari ini telah bertambah sebanyak 186 orang. Total 49.073 orang.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2021