5 Jurus Anak-anak Sekolah Tangkal Virus Corona Covid-19

Murid memberikan salam kepada guru dengan membungkuk dan melipat tangan sebelum memasuki kelas di SDK Santa Maria, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/3/2020). Ini demi mengantisipasi dan mencegah virus Corona (COVID-19) di sekolah itu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

VIVA – Ancaman wabah virus Corona telah masuk Indonesia. Dalam sepekan terakhir, sudah enam orang di Indonesia yang resmi dinyatakan positif mengidap virus Covid-19 itu, yang telah menjangkiti lebih dari 106.000 orang di 103 negara dan telah menewaskan lebih dari 3.600 penderita. 

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Antisipasi agar virus corona tidak menulari secara luas, sejumlah langkah telah ditempuh pemerintah dan masyarakat. Salah satunya mengkampanyekan pola hidup sehat untuk mencegah penularan covid-19 di sekolah-sekolah. 

Sejumlah sekolah di Tanah Air sudah menerapkan beberapa jurus mencegah virus corona, yang belum ada obat penawarnya itu. Mulai dari memperkenalkan salam pengganti jabat tangan saat menyapa guru, teman, maupun orang lain, cuci tangan yang benar dengan sabun, hingga tidak dibiasakan menggosok mata, telinga, dan hidung langsung dengan jari yang belum dibersihkan. 

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Pewarta foto dari kantor berita Antara mengabadikan sejumlah langkah dari berbagai sekolah dalam melancarkan kampanye cegah virus corona bagi para murid, seperti yang terlihat di bawah ini: 

Murid memberikan salam kepada guru dengan membungkuk dan melipat tangan

Enak Bener! Jarang Main tapi Tiba-tiba Juara di Al Hilal, Neymar: Kayak Zaman Sekolahan

Murid memberikan salam kepada guru dengan membungkuk dan melipat tangan sebelum memasuki kelas di SDK Santa Maria, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/3/2020). Untuk mengantisipasi dan mencegah virus Corona (COVID-19) di sekolah itu, selain menerapkan rajin mencuci tangan juga mengganti sementara salam jabat tangan dengan cara membungkukkan badan guna meminimalisir sentuhan. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya.

Siswa sekolah menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruang kelas

Siswa sekolah menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki lingkungan sekolah di Jakarta Nanyang School, Tangerang, Banten, Rabu (4/3/2020). Pemeriksaan kondisi suhu tubuh di sekolah tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus menular dan siswa yang melibihi suhu lebih dari 37 derajat akan dipulangkan. ANTARA FOTO/Fauzan.

Siswa SMA NU 2 Gresik pakai masker yang dibagikan Lembaga Falakiyah PCNU Gresik

Siswa SMA NU 2 Gresik memakai masker yang dibagikan Lembaga Falakiyah PCNU Gresik secara gratis saat sosialisasi penggunaan masker yang baik di sekolah tersebut di Gresik, Jawa Timur, Kamis (5/3/2020). Pembagian masker tersebut bertujuan agar masyarakat mengerti akan kegunaan masker dan mengantisipasi penyebaran wabah virus corona dan penyakit lainnya. ANTARA FOTO/Zabur Karuru.

Pelajar membersihkan tangan dengan menggunakan sabun cuci

Pelajar membersihkan tangan dengan menggunakan sabun cuci di SD Negeri Denasri Wetan 02, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (4/2/2020). Pihak sekolah itu menerapkan hidup bersih diantaranya untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan dibasuh melalui air bersih yang mengalir sebagai antisipasi untuk mencegah wabah virus Corona. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra.

Sejumlah siswa penyandang disabilitas, guru dan petugas kesehatan foto bersama

Sejumlah siswa penyandang disabilitas, guru dan petugas kesehatan berfoto bersama usai mengikuti sosialisasi tata cara penggunaan masker tepat dan benar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Cinta Mandiri, Panggoi, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (6/3/2020). Kegiatan itu juga sebagai langkah antisipasi sekaligus pencegahan dini penularan penyakit virus Corona atau COVID-19. ANTARA FOTO/Rahmad.


  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya