Pesisir Selatan Diguncang Gempa 4,7 SR, Getarannya Seperti Truk Lewat

Gempabumi berkekuatan 4.7 skala ritcher mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pukul 23.02 WIB, Senin, 9 Maret 2020.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempabumi berkekuatan 4.7 skala ritcher mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pukul 23.02 WIB, Senin, 9 Maret 2020. Getaran gempa itu dirasakan sebagaian warga Kota Padang. 

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang, gempa ini berpusat di kedalaman 21 kilometer dengan posisi 1.73 Lintang Selatan, 100.30 Bujur Timur atau 52 kilometer Baratdaya Pesisir Selatan.

BMKG memastikan gempa tektonik itu tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta memastikan seluruh informasi kegempaan melalui informasi resmi yang dikeluarkan oleh BMKG.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang, Irwan Slamet, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar Mentawai. 

Dampaknya, berdasarkan laporan masyarakat, berupa guncangan dirasakan di wilayah Padang dan Pesisir SelatanI II MMI (getaran dirasakan seolah-olah ada truk lewat). Namun, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Hingga pukul 23.40 WIB, kata Irwan Slamet, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. 

Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024