Raja Belanda Serahkan Keris Pangeran Diponegoro ke Jokowi

Keris Pangeran Diponegoro yang dikembalikan Raja dan Ratu Belanda.
Sumber :
  • Instagram @pramonoanungw

VIVA – Kunjungan Kenegaraan Raja dan Ratu Belanda, Raja Willem Alexander beserta Ratu Maxima, selain mengunjungi Indonesia juga akan menyerahkan keris.

Bertemu Erick Thohir, Sujiwo Tejo Ungkap Pentingnya Memperbanyak Dialog

Keris itu adalah milik salah satu pahlawan Indonesia, yakni Pangeran Diponegoro. Indonesia dan Belanda memang memiliki sejarah panjang, di mana negara itu pernah menjajah Indonesia lebih dari tiga abad lamanya.

"Keris Pangeran Diponegoro diserahkan oleh Raja Belanda Willem Alexander kepada Presiden @jokowi dalam kunjungan hari ini di Istana Bogor #diplomasi #budayabangsa," tulis Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dalam akun instagram miliknya, Selasa 10 Maret 2020.

Tak Diduga! 5 Senjata Tradisional Indonesia Ini Mendunia

Keris itu nampak berwarna kuning pada sarungnya. Dipadu dengan warna coklat di gagangnya. 

Selain itu, dalam kunjungan ini juga sebagai tanda persahabatan dilakukan penanaman pohon di halaman depan Istana Bogor. Pohon cendana atau dalam bahasa latinnya santalum album, menjadi simbol persahabatan Indonesia dengan Belanda.

Viral Ibu Hamil Ngidam Mandikan Keris Hingga Masuk Rumah Sakit Kosong, Bikin Warganet Merinding

Raja beserta Ratu Belanda, Raja Willem Alexander beserta Ratu Maxima, mengunjungi Indonesia. Keduanya diterima oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana, di Istana Bogor, Selasa 10 Maret 2020.

Kedua tamu kenegaraan itu memasuki Istana Bogor sekira pukul 10.10 WIB. Kendaraan Raja dan Ratu dikawal oleh Paspampres dengan iringan drum band. Kendaraan juga dikawal oleh pasukan berkuda, serta pasukan yang berjalan kaki dengan menggunakan pakaian adat 34 provinsi.

Mendekati Gedung Utama Istana Bogor, Raja dan Ratu disambut puluhan anak-anak SD yang mengibarkan bendera mini kedua negara. Pantauan VIVAnews di lokasi, Raja Willem dan Ratu Maxima nampak senang mendapat sambutan hangat. Senyum keduanya terlihat jelas.

Tarian tradisional dan gamelan, mengiringi langkah Raja dan Ratu menuju Istana Bogor. Di tengah-tengah itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, menyambut kedua tamu agungnya tersebut.

"Welcome to Indonesia," ujar anak anak itu menyambut Raja dan Ratu.

Di halaman Gedung Utama Istana Bogor, cucu Presiden Jokowi yakni Sedah Mirah, tampak menyambut. Perempuan kecil itu menggunakan baju putih dan menyerahkan setangkai bunga ke Ratu.

Usai itu, dilanjutkan dengan upacara kenegaraan di halaman depan Istana Bogor. Raja Willem dan Presiden Jokowi kemudian secara bersama-sama melakukan pengecekan pasukan.

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya