Gempa Guncang Sukabumi, Gedung BNPB Goyang Selama 20 Detik

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • Pixabay

VIVAnews - Gempa mengguncang wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 pada pukul 17.18 WIB, Selasa, 10 Maret 2020. Dampak guncangan itu dilaporkan terasa hingga kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di wilayah Jalan Pramuka, Utan Kayu, Jakarta Timur.

Antisipasi Letusan Lebih Besar, 5.000 Korban Erupsi Gunung Ruang Dilarang Tinggalkan Pengungsian

"Guncangan selama 20 detik di Graha BNPB lantai 15. Seluruh peserta rapat koordinasi Penanganan Pandemi Covid-19 diimbau tenang oleh Kepala BNPB. Tidak ada kepanikan dan belum ada laporan kerusakan," kata Agus Wibowo, Kapusdatinkom BNPB di Jakarta.

Agus menyebutkan bahwa gempa tersebut terasa kuat sekitar 5 detik di Kabupaten Sukabumi, terasa sedang di Kota Bogor sekitar 4-6 detik, terasa sedang di Kota Sukabumi sekitar 4-5 detik. Masyarakat disebutkan tidak panik.

Belasan Desa di Luwu Terisolasi akibat Banjir dan Longsor, BNPB Kerahkan Helikopter dan Pesawat

"TRC BPBD Kabupaten Sukabumi saat ini masih mengumpulkan informasi mengenai dampak gempa," kata Agus lagi.

Sebelumnya, gempa mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa, 10 Maret 2020. Getarannya sampai ke Jakarta Selatan, dan Bogor.

Top Trending: Kiai Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib Hingga Patung Liberty Berguncang

Dilansir dari akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 5,0, dan terjadi pada pukul 17:18:05 WIB.

Lokasi berada di 6.89 LS,106.62 BT (13 km Timur Laut Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat). Sedangkan kedalamann 10 km. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dok. Istimewa

Dua Warga Dilaporkan Hilang akibat Longsor di Padang

Longsor melanda Kota Padang, Sumatra Barat, Selasa sore. Dua orang warga dilaporkan tertimbun tanah longsor dan masih dalam pencarian tim gabungan.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024