Wisata Gunung Bromo Ditutup Total Saat Hari Raya Nyepi

Embun Upas Bromo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup wisata Gunung Bromo mulai 25 Maret hingga 26 Maret 2020. Wisata Gunung Bromo ditutup total karena bertepatan dengan Hari Raya Nyepi 2020.

4 Larangan Umat Hindu di Hari Raya Nyepi

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie, mengatakan, penutupan ini berdasarkan koordinasi pihaknya dengan ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo. Selain itu, penutupan ini sebagai upaya menghormati kepercayaan dan adat warga sekitar.

"Perihal Hari Raya Nyepi Tahun 2020, maka untuk sementara kegiatan wisata Gunung Bromo ditutup secara total. Mulai tanggal 25 Maret 2020 pukul 00.00 WIB sampai dengan 26 Maret 2020 pukul 05.00 WIB," kata John Kenedie, Selasa, 10 Maret 2020.

Makna Mendalam di Balik Perayaan Hari Raya Nyepi

John mengatakan, saat perayaan Hari Raya Tahun Saka 1942 atau 2020 Masehi, semua pintu masuk menuju Gunung Bromo ditutup. Untuk itu, pihaknya  mengimbau wisatawan agar memperhatikan jadwal penutupan wisata Gunung Bromo. 

Apalagi wisata Gunung Bromo selalu dipadati pengunjung karena masuk dalam 10 destinasi wisata nasional.

20 Ucapan Indah untuk Merayakan Hari Raya Nyepi

"Penutupan jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, dan dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang," ujar John.

Ford Fiesta nekat melewati jalur Taman Nasional Bromo

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Sebuah video menunjukkan pengendara mobil Ford Fiesta memaksakan diri untuk melewati jalur kawasan Bromo. Namun, berakhir nahas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024