RSUP Sarjito Tangani 2 Pasien Suspect Corona, Salah Satunya Balita

Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Seorang pasien perempuan yang mengalami batuk dan pilek menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Dr Sardjito. Pasien berumur 50 tahun ini diketahui baru saja pulang umrah dan sempat transit di Malaysia.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Sardjito, Banu Hermawan menerangkan jika pasien merupakan pasien rujukan dari RSUD Wates. Pasien rujukan itu mulai dirawat di RSUP Dr Sardjito sejak Rabu, 11 Maret 2020.

"Ya, salah satu parameter masuk ke pengawasan atau rawat inap itu ada pneumonia," ujar Banu, Kamis, 12 Maret 2020.

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Banu menerangkan pasien tersebut saar ini kondisinya stabil. Meskipun demikian batuk, pilek dan pneumonia masih didera oleh pasien itu.

Banu menjabarkan dengan adanya tambahan satu pasien ini maka ada dua pasien dalam pengawasan yang ditangani oleh RSUP Dr Sardjito. Sebelumnya, RSUP Dr Sardjito merawat seorang balita berumur 3 tahun yang mengalami demam dan memiliki riwayat baru pulang dari Depok.

Warganet Heboh, The Simpsons Salah Tulis Pulau Kalimantan Jadi Singapura

Pasien balita tersebut dirawat di RSUP Dr Sardjito sejak Senin, 9 Maret 2020. Pihak RSUP Dr Sardjito telah mengirimkan sampel darah dan dahak pasien ke Litbangkes Kemenkes RI.

"Tes swab dari pasien balita belum keluar. Kita masih tunggu hasilnya," urai Banu.

Ilustrasi virus

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

The Malaysian Ministry of Health (MCH) detected 6,796 new cases of Covid-19 virus from November 26 to December 2, 2023 (ME 48/2023), an increase from the previous ME of 3

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023