Usai Kunjungan dari Turki, Bima Arya Masuk dalam Pemantauan Corona

Wali Kota Bogor Bima Arya kunjungan ke Turki
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhammad AR

VIVA – Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, akan berstatus Orang dalam Pemantauan (ODP) setibanya Senin pekan depan di Bogor, usai kunjungan kerja di negara terjangkit Covid-19, Istanbul, Turki. Bima akan diobservasi selama 14 hari seperti warga Bogor lainnya yang bepergian ke luar negeri.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

"Semua warga yang pulang dari luar negeri dalam observasi tidak terkecuali pak wali kota. Kami mengikuti instruksi Kementerian Kesehatan, jadi sudah ada panduan, memang ada warga yang baru pulang dinyatakan ODP dari negara terjangkit Covid-19 memang harus dipantau, tidak ada salahnya,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, dihubungi VIVAnews, Jumat 13 Maret 2020.

“Ini bentuk kewaspadaan dini apakah ada demam, batuk, flu, sesak, sehingga kami cepat mendeteksi dan menanganinya," ujar Retno.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Retno menjelaskan, di Kota Bogor terdapat 20 ODP Corona karena baru pulang dari luar negeri. Pemantauan terhadap ODP, kata Retno, bisa dilakukan di rumah. 

"Di rumah enggak apa-apa, kalau enggak ada gejala, sehat, tetapi kita kasih informasi ketika batuk, pilek, nanti dikasih obat. Kalau harus dijemput kita punya call center ambulans, kita siap juga, selama ini tanpa gejala jadi batuk ringan," ujarnya. 

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Retno melanjutkan, dari total 20 ODP, saat ini berstatus selesai semua ditangani. Mereka sudah melewati masa inkubasi 14 hari dalam pemantauan. 

"Selama 14 hari sehat tidak ada gejala, ya sudah dia negatif. Karena dalam inkubasi ini, 14 hari kita hati-hati apakah ada gejalanya, kalau ada gejala dan kondisinya memburuk itu kita langsung tangani periksa dan dikirim ke rumah sakit rujukan,” tuturnya.

“Pemeriksaannya rontgen, lab, swab punggung. Kalau sudah selesai, sudah sehat, ODP itu enggak ada lagi selesai. Kalau sudah lewat masa inkubasi artinya sudah selesai," katanya.

Bima Arya berangkat ke Istanbul, Turki untuk menghadiri kegiatan yang diadakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Fatih Sultan Mehmet University. Retno mengatakan, wali kota akan menjalani observasi di rumah seperti warga lain yang baru pulang dari luar negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya