Tips Pola Hidup Sehat dengan Minum Jamu

Proses pembuatan jamu favorit Jokowi.
Sumber :
  • YouTube Presiden Joko Widodo

VIVA – Jamu, siapa yang tak kenal dengan minuman tradisional dan menyehatkan khas Indonesia. Sebut saja kencur, kunyit hingga jahe, bisa dibuat menjadi jamu.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sejak ratusan tahun, jamu dikenal mampu meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Meski belum bisa dipastikan secara ilmiah mampu membunuh virus corona (Covid-19).

Setidaknya jamu mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan imunitas badan seseorang dan menjaga kesehatan.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Itulah yang dilakukan oleh Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono. Dia kerap meminum jamu untuk menjaga kebugarannya di tengah status Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH).

"Ya meski belum bisa dipastikan mampu mengobati covid-19. Setidaknya jamu mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Karena jamu merupakan warisan kesehatan Indonesia," kata Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono, Selasa 17 Maret 2020.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Jamu pun menjadi buah tangan yang diberikan oleh Presiden Jokowi, melalui Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, kepada tiga pasien Covid-19 yang berhasil sembuh usai mendapatkan perawatan di RSPI Jakarta. Mereka adalah pasien nomor 1,2, dan 3. Jamu pun menjadi minuman favorit Presiden Jokowi sejak muda hingga menjadi Presiden saat ini.

Baik Jokowi maupun Edhi, sama-sama berasal dari daerah Jawa Tengah. Jika Jokowi berasal dari Solo, maka Edhi Cahyono berasal dari Boyolali. Dua daerah yang masyarakatnya masih kerap mengkonsumsi jamu.

"Kalau enggak bikin sendiri, ya beli ke mbak-mbak jamu yang lewat, kan sekarang sudah ada. Paling enggak minum jamu tradisional," terangnya.

Kapolres yang menjaga keamanan di Ibu Kota Banten itu mengaku harus siap 24 jam menjaga wilayahnya. Terutama saat ini yang sedang ramai-ramainya penyebaran virus corona. Selain harus menjaga keamanan wilayah, dia pun harus memastikan dirinya beserta keluarga agar tetap sehat dan bugar.

"Selain melakukan pola hidup bersih, dengan rajin mencuci tangan, bisa juga pola hidup sehat nya dengan meminum jamu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya