Wabah Corona, Kemenag: Penyiapan Petugas Haji 2020 Jalan Terus

VIVA – Kementerian Agama menggelar seleksi petugas haji non kloter tingkat pusat di Asrama Haji, Jakarta Timur, Rabu, 18 Maret 2020. Seleksi ini merupakan bagian dari persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441H/2020 M.

Jemaah Salat Id di Bantul Bubar Dipicu Khatib Ceramah Pemilu Curang, Begini Respons Kemenag

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid yang membuka seleksi petugas haji non kloter tingkat pusat, menjelaskan pemerintah berkomitmen untuk tetap melaksanakan persiapan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. 

"Rangkaian rekrutmen petugas haji ini sangat penting, di mana semua aspek unit manajemen penyelenggaraan harus berjalan sesuai dengan waktu yang ditetapkan," kata Wamenag Zainut Tauhid di Asrama Haji, Jakarta. 

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1441H/2020M, bahwa pemberangkatan jemaah haji kloter pertama akan dilaksanakan pada 26 Juni 2020 dan kloter terakhir pada 25 Juli 2020. Sementara pelaksanaan wukuf di Arafah, jatuh pada tanggal 30 Juli 2020. 

Sehingga pemulangan jemaah haji yang pertama akan dilaksanakan 6 Agustus 2020 dan akhir pemulangan 4 September 2020. "Dengan demikian, maka petugas haji harus sudah tersedia semuanya (sebelum keberangkatan jemaah)," ujarnya. 

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Lebaran Bersama-sama

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar mengatakan penyiapan petugas haji mulai dari rekrutmen hingga pelatihan tetap berjalan sesuai RPH. Pertama dilakukan pada 4 Februari 2020, dilaksanakan seleksi PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi tingkat kabupaten kota. Dan untuk pertama kalinya, dilakukan dengan sistem CAT.

Selanjutnya, pada 13 Februari 2020 telah dilakukan seleksi PPIH Arab Saudi tingkat Kanwil. Pada 28 Februari 2020, telah dilaksanakan pelatihan PPIH kloter di 13 embarkasi. Pelatihan berlangsung selama 10 hari.

"Hari ini berlangsung seleksi petugas non kloter atau PPIH Arab Saudi tingkat pusat. Selanjutnya dari yang lolos seleksi akan melaksanakan pelatihan selama 10 hari, rencananya akan dimulai pada 10 April mendatang," kata Nizar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya