Wapres Ma'ruf Imbau Warga Tak Pergi ke Acara-acara Saat Ramadan

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Fajri

VIVA – Virus corona Covid 19 dikhawatirkan akan masih mewabah di saat bulan suci Ramadan dalam waktu dekat ini. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mewanti-wanti agar warga tidak bepergian ke berbagai acara dulu saat bulan Ramadan.

Gibran Sowan ke Rumah Dinas Wapres Ma'ruf Amin, Langsung Cium Tangan

"Sesuai fatwa MUI, kalau orang itu ODP (Orang Dalam Pengawasan) artinya berpotensi, sebaiknya memang tidak menghadiri acara-acara," kata Ma'ruf, Rabu 18 Maret 2020.

Ma'ruf menjelaskan, orang yang berpotensi menyebarkan penyakit bukan hanya tidak boleh datang ke masjid tetapi memang sangat dilarang. Karena dia juga bisa membahayakan nyawa orang lain.

Gibran Akan Temui Wapres Ma'ruf Amin Sore Ini

"Sebab membahayakan. Kan fatwa MUI ada contoh, kalau dia buang-buang air maka dia tak harus ke masjid. Karena kalau datang ke masjid terus buang-buang air di masjid dan masjidnya jadi najis, itu kan menyebarkan najis ke mana, maka diharamkan," ujar dia.

"Itu baru kotoran saja yang bisa sebabkan najis. Kalau corona ini orang terjangkit itu akan terpapar, maka bisa membawa kematian," tambahnya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Wapres juga meminta orang-orang tidak mudik ke kampung halamannya dulu karena berpotensi menularkan corona ke sanak keluarganya. Dia meminta lebih untuk memanfaatkan teknologi.

"Menurut saya saat ini menjaga diri itu lebih dianjurkan. Silaturahim itu baik, tapi menjaga diri jangan sampai berbuat sesuatu yang merugikan itu lebih baik," kata Ma'ruf.

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka bertemu Wapres Maruf Amin

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

Calon wakil presiden terpilih 2024, Gibran Rakabuming Raka menyambangi rumah dinas Wapres Ma'ruf Amin pada Rabu, 24 April 2024 sore.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024