Tangani Corona, Jokowi Minta Dokter dan Mahasiswa Turun Jadi Relawan

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta bantuan agar para dokter dan mahasiswa tingkat akhir turun tangan menjadi sukarelawan.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

"Bapak Presiden meminta meningkatkan kemampuan atau mobilisasi para dokter yang mungkin bisa dihimpun menjadi relawan termasuk tenaga medis, petugas ambulans, dan juga mahasiswa kedokteran semester akhir," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, seusai rapat terbatas terkait penanganan Corona, Kamis, 19 Maret 2020.

Doni mengatakan, mobilisasi para tenaga medis ini juga berikut imbauan terhadap keselamatan mereka. Presiden Joko Widodo, kata Doni, ingin agar adanya bekal yang cukup bagi para tenaga medis ketika mereka bekerja.

PSI Buka Suara Soal Relawan Daftarkan Kaesang untuk Maju Pilkada Kota Bekasi

"Termasuk penyiapan alat medis bagi mereka, makanan, vitamin serta istirahat yang cukup. Ini juga perlu bantuan dan dukungan dari segenap komponen masyarakat yang manakala bersedia memberikan bantuannya kepada relawan medis ini," ujar Doni.

Menurut Doni, saat ini pemerintah menginginkan agar kekurangan peralatan medis yang masih terbatas segera dipenuhi. Seperti, alat pendeteksi virus secara cepat atau rapid test, masker dan hand sanitizer yang dianggap di beberapa tempat masih kekurangan.

PKB Sebut Relawan Prabowo-Gibran Ambilkan Formulir Pendaftaran Pilwalkot Bekasi Buat Kaesang

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam rapat terbatas, menyatakan supaya rumah sakit yang menangani virus Corona diperbanyak. Rumah sakit milik TNI/Polri dan BUMN untuk dapat menampung pasien.

"Kemudian, beliau juga menekankan pentingnya protokol kesehatan yang dibuat dan disusun dengan kemudahan yang bisa dipahami oleh masyarakat serta wajib dipatuhi khususnya tentang karantina mandiri," kata Doni.

Ganjar Pranowo bersama para relawan pendukungnya.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Relawan Ganjarist mendukung sikap Ganjar yang memilih menjadi oposisi.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024