Ibunda Jokowi Meninggal karena Kanker

VIVA – Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia di RST Slamet Riyadi Solo pada Rabu, 25 Maret 2020. Penyebab meninggalnya Sujiatmi lantaran mengidap kanker.

Jokowi menyampaikan keterangan resmi tersebut di rumah duka keluarga Sujiatmi di Jalan Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Solo. Ia tampak mengenakan kemeja panjang putih yang dipadu dengan sarung serta peci.

"Innalillahi wa innailaihi raji'un, innalillahi wa innailaihi raji'un, innalillahi wa inna ilaihi raji'un," ucap Jokowi saat mengalami konferensi pers di rumah duka.

Ia mengungkapkan bahwa ibundanya meninggal dunia pada Rabu sore pukul 16.45 WIB. Sujiatmi meninggal karena sejak empat tahun ini menderita sakit, yaitu kanker. Berbagai cara dan usaha telah dilakukan untuk mengobati penyakit tersebut.

"Kita semuanya sudah berusaha, berikhtiar dan sudah berobat, utamanya di RSPAD Gatot Subroto tetapi memang Allah SWT sudah menghendaki," ujarnya lirih.

Atas nama keluarga, Jokowi memohonkan doa agar segala dosa-dosa ibunda diampuni oleh Allah SWT. "Semoga husnul khatimah," harapnya.

Rencananya jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Dukuh Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar. "Rencananya akan dimakamkan insyallah jam 13.00 WIB di makam Mundu, Kabupaten Karanganyar," kata dia.