Corona Belum Reda, PON Papua Terancam Ditunda

VIVA – Wabah virus corona Covid 19 membuat banyak gelaran atau event di Indonesia harus ditunda atau dibatalkan. Lalu bagaimana dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dilangsungkan tahun 2020 ini di Papua?

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Terkait hal itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan pemerintah masih melakukan pengamatan. Tidak menutup kemungkinan PON XX tahun 2020 di Papua, akan ditunda jika wabah corona masih mengancam.

"Kalau nanti memang corona itu masih belum hilang, artinya masih merupakan ancaman, pasti akhirnya akan ditunda," kata Ma'ruf, Kamis 26 Maret 2020.

Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

Ma'ruf mencontohkan ajang sekelas Olimpiade 2020 di Jepang saja harus ditunda karena corona. Penundaan juga menurutnya untuk melindungi warga Papua dari penularan corona dari banyaknya orang yang akan masuk ke sana saat PON nanti.

"Untuk membatasi saya kira, untuk mencegah masuknya orang-orang yang diduga atau dikhawatirkan memberikan penularan corona, untuk menjaga supaya masyarakat di sana tidak bertambah (tertular). Karena mereka tentu akan fokus menangani, mencegah terjadinya yang ada di Papua itu sendiri," ujar dia.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Mengenai kemungkinan penundaan ini, pemerintah juga katanya akan mengkaji payung hukumnya. Termasuk mengkaji lewat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perppu.

"Memang kalau nanti penundaan butuh payung hukum. Alternatifnya itu apakah melalui perubahan UU atau mungkin yang cepat melalui Perppu," kata Ma'ruf.

Menko PMK Muhadjir Effendy laksanakan salat Id di Kantor PP Muhammadiyah.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan target pembangunan dari perpanjangan runway Bandara Distrik Sinak, Papua s

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024