Gunung Merapi Erupsi, Kolam Abu Setinggi 5.000 Meter

Gunung Merapi erupsi
Sumber :
  • Dok. BNPB

VIVA – Gunung Merapi yang berada di Provinsi Jawa tengah dan DI Yogyakarta kembali erupsi pada pukul 10.56 WIB, Jumat, 27 Maret 2020. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 75 mm dan durasi kurang lebih 7 menit. 

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Dikutip dari akun Twitter resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral @BPPTKG, dijelaskan bahwa tinggi kolam erupsi kurang lebih 5.000 meter dari puncak.

Sementara itu, arah angin saat erupsi berlangsung mengarah ke Barat Daya. Dan sebelumnya, Gunung Merapi telah ditetapkan status level II atau waspada sejak 21 Mei 2018 dengan rekomendasi sebagai berikut:

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

1. Potensi ancaman bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhan kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

2. Area dalam radius 3 Km dari Puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

3. Masyarakat agar mengantisipasi bahaya abu vulkanik dari kejadian awan panas maupun letusan eksplosif.

4. Masyarakat waspada bahaya lahar terutama saat hujan di sekitar Puncak Gunung Merapi.

5. Informasi aktivitas Gunung Merapi dapat diakses melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 Mhz, melalu telepon 0274 514180 / 514192, website www.merapi.bgl.esdm.go.id dan medua sosial BPPTKG (facebook:infobpptkg, twitter:@bpptkg)

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya