ILC 31 Maret 2020, Corona: Dilema Rakyat, Dilema Kita

Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas memandu acara talkshow favorit ILC (Indonesia Lawyers Club).
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Presiden Joko Widodo kembali membuat kebijakan baru dalam rangka menghadapi wabah virus corona, yang kasusnya terus bertambah di Indonesia. Kebijakan yang dimaksud adalah pembatasan sosial berskala besar yang disertai dengan darurat sipil.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

"Saya minta pembatasan sosial berskala besar, physical distancing, dilakukan lebih tegas, lebih disiplin dan lebih efektif lagi sehingga tadi juga sudah saya sampaikan perlu didampingi kebijakan darurat sipil," jelas Presiden dalam rapat kabinet terbatas, Senin 30 Maret 2020.

Presiden juga menegaskan bahwa karantina kesehatan, termasuk karantina wilayah, menjadi wewenang pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah. Kendati demikian, sejumlah daerah sudah terapkan karantina wilayah alias local lockdown. Baik di pemerintahan kabupaten atau kota seperti Tegal, Tasikmalaya, Makassar, Ciamis, hingga di Pemerintah Provinsi Papua.

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

Ada kalangan yang mendukung kebijakan pemerintah itu. Namun, terkait pemberlakuan darurat sipil, kalangan pengamat, aktivis, dan politisi, mewanti-wanti jangan sampai menimbulkan masalah baru. Virus corona saat ini seharusnya dihadapi bukan dengan cara perang konvensional, tapi perang melawan kuman. 

Apalagi pembatasan aktivitas sosial saat ini sudah masif dilakukan, terutama oleh aparat keamanan. Seperti membubarkan pesta-pesta yang mengumpulkan orang banyak, hingga aktivitas nongkrong di kafe yang kerap dilakukan sejumlah muda-mudi.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial skala besar disertai darurat sipil ini menjadi tema program talkshow populer Indonesia Lawyers Club (ILC) pekan ini. Sejumlah pejabat, politisi, pengamat, hingga tokoh masyarakat akan urun pendapat terkait tema tersebut dalam ILC malam nanti, yang akan dipandu oleh Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas. 

Pembatasan sosial berskala besar disertai darurat sipil tentu juga akan berimbas pada perekonomian. Masalahnya, bagaimana rakyat menggantungkan hidup mereka bila tidak ada penghasilan? Sedangkan mudik pun dilarang untuk mencegah penularan virus Corona.

Saksikan ILC bertema “Corona: Dilema Rakyat, Dilema Kita” pada Selasa malam 31 Maret 2020 pukul 20.00 WIB hanya di tvOne. 

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya