Bali Diguncang Gempa Tektonik 4,3 SR

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 4,3 skala richter. Gempa terjadi Kamis siang, 2 April 2020 pukul 11:34 Wita. 

Selain 3 Tewas, Gempa Bali Akibatkan 7 Orang Luka Berat dan Longsor

"Episenter terletak pada koordinat 9,42 LS dan 114,69 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 91 km Barat Daya Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 17 km," kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan di Jakarta, Kamis, 2 April 2020. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar di dasar laut.

Gempa Bali Magnitudo 4,8 Sebabkan 3 Orang Tewas, Ini Penjelasan BMKG

Kata dia, dampak gem pabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta II MMI. Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

3 Gempa Beruntun Telah Guncang Nusa Dua Bali

Ia mengimbau kepada Masyarakat  agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Gempa M 5,8 Guncang Bali, Rumah di Lombok Ambruk

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,8 mengguncang Bali pada Senin, 22 Agustus 2022. Guncangan kuat terasa hingga pulau Lombok

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022