Pelatih Timnas U-19 Gong Oh-Kyun Positif Corona

VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI mengumumkan ada salah satu pelatih  timnas Indonesia  U-19 positif terkena virus Corona atau Covid-19.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

"Pernyataan resmi salah satu anggota tim pelatih Timnas Indonesia dikonfirmasi positif COVID-19 dengan kondisi tanpa gejala setelah menjalani dua kali tes," tulis laman Instagram @OfficialPSSI, Sabtu, 4 April 2020.

Namun, keterangan yang diberikan oleh PPSI tak dirinci secara jelas identitas siapa pemaian timnas Indonesia yang terkena virus corona tersebut.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

"Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani isolasi sesuai protokol pemerintah di salah satu rumah sakit Jakarta dan dipantau langsung oleh tim dokter PSSI," katanya.

Dalam laman website PSSI, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, salah satu tim pelatih Timnas Indonesia yakni Gong Oh-Kyun dinyatakan positif mengidap virus Corona (Covid-19).

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Kepastian ini setelah pelatih asal Korea Selatan tersebut menjalani dua kali rapid test pada salah satu rumah sakit di Jakarta, Jumat, 3 April 2020.

Selain Gong, kata dia, empat pelatih asal Korea Selatan lainnya yakni Shin Tae Yong, Kim Hae Woon, Kim Woo Jae dan Lee Jaehong juga menjalani pemeriksaan dan tes virus Corona di rumah sakit tersebut. Empat pelatih ini dinyatakan negatif virus Corona. 

"Kami mendoakan agar coach Gong Oh Kyun cepat pulih dan dapat beraktivitas secara normal lagi nantinya. Saya yakin ia kuat dan tetap dalam motivasi yang tinggi untuk melawan virus Corona. Kami juga telah memberitahukan hal ini kepada pihak Kedutaan besar Korea Selatan di Indonesia," kata Mochamad Iriawan.

Iriawan menambahkan sebelumnya sebagai tindakan pencegahan, PSSI telah melaksanakan beberapa prosedur seperti menetapkan protokol bekerja dari rumah (Work From Home) bagi seluruh karyawan PSSI sejak 16 Maret lalu. Selain itu, melakukan penyemprotan disinfektan di kantor PSSI.

PSSI juga sudah meminta pelatih, pemain dan karyawan untuk self monitoring sambil menerapkan kebijakan social and physical distancing. Selain itu, sesuai dengan protokol kewaspadaan pencegahan Covid-19 bagi kegiatan keolahragaan yang dikeluarkan oleh Kemenpora pada tanggal 17 Maret lalu.

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi mengatakan bahwa saat ini pelatih Gong Oh Kyun dalam kondisi baik-baik saja. Alwi menambahkan pelatih berusia 46 tahun ini akan menjalani tes PCR, SWAB, CT Scan Thorax, cek fungsi hati dan elektrolit pada hari ini.

"Coach Gong akan melakukan isolasi di sebuah rumah sakit di Jakarta, ia tidak mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, flu, atau kesulitan bernafas," kata dokter Syarif Alwi.

"Daya tahan tubuhnya kuat, dia hanya carrier atau pembawa virus di tubuhnya yang dikhawatirkan bisa menularkan pada seseorang yang memiliki imun tubuh lemah," tambahnya.

Dengan positifnya pelatih Gong Oh Kyun terkena virus Corona, ia pun batal pulang ke Korea Selatan. Sementara, dengan izin PSSI, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong bersama pelatih Kim Hae Woon, Kim Woo Jae dan Lee Jaehong sudah bertolak pada Jumat malam.

Gong merupakan asisten pelatih Korea Selatan saat menjadi runner up Piala Dunia U-20 tahun 2019 lalu di Polandia.

2018/01/anak-berlatih-di-gym.html

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya