Hatta Ali Pensiun 7 April 2020, MA Pilih Ketua Baru Hari Ini

Hatta Ali
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali segera memasuki masa purna tugas. Pria berusia 70 tahun itu akan pensiun pada Selasa, 7 April 2020. Namun, dia akan meninggalkan MA secara administratif pada 1 Mei 2020.

Jaksa Ungkap Gazalba Saleh Cuci Uang Beli Alphard, tapi di LHKPN Bilang Cuma Ada Avanza

Hal itu diungkapkan Hatta Ali saat sambutan, dalam sidang paripurna khusus Mahkamah Agung dengan agenda tunggal pemilihan Ketua MA yang disiarkan secara live lewat akun YouTube milik MA.

"Secara normatif, saya akan memasuki usia pensiun besok, 7 April 2020. Namun, secara administratif, saya akan menanggalkan jabatan ketua MA terhitung 1 Mei 2020," kata Hatta Ali, Senin, 6 April 2020.

Akal-akalan Gazalba Saleh Cuci Uang Korupsi: Pakai Profesi Dosen hingga KTP Orang Lain

MA menggelar sidang paripurna untuk memilih pengganti Hatta Ali, hari ini. Pemilihan Ketua MA yang baru dilaksanakan di ruang Prof Kusumaatmaja Gedung MA, Jakarta.

Pemilihan pengganti Hatta Ali digelar dengan mengikuti prosedur tetap pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Segini 'Tarif' Ketok Palu Bebas dari Gazalba Saleh untuk Perkara di MA

"Sesuai dengan imbauan pemerintah RI, dan protokol kesehatan terkait Covid-19 maka pemilihan Ketua MA kali ini tidak menghadirkan pengunjung namun hanya dihadiri oleh pemilik hak suara dan panitia pemilihan. Saya yakin kondisi ini tidak mengurangi makna keterbukaan dalam pemilihan karena proses ini juga dapat disaksikan langsung secara live streaming oleh publik, media massa serta seluruh warga pengadilan," ujarnya.

Pemilihan Ketua MA ini dihadiri oleh seluruh pemilik hak suara atau sebanyak 47 hakim agung. Hatta Ali memastikan bahwa sidang paripurna hari ini telah memenuhi unsur kuorum. "Berdasarkan daftar yang hadir, dari jumlah hakim agung sebanyak 47 orang, hadir sebanyak 47 orang, dengan kata lain, tidak ada yang tidak hadir," katanya.

Ria Ricis

Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Cerai, MA Hapus Putusan Sidang Dari Website

MA memutuskan untuk menghapus putusan perceraian Ria Ricis dan Ryan dari situs resminya. Hal ini dilakukan setelah putusan itu viral di sosmed dan menjadi konsumsi publik

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024