Lima Kecamatan di Garut Diterjang Banjir

VIVA – Hujan deras yang turun sejak Selasa 7 April 2020 sore hingga malam mengakibatkan banjir terjadi di lima kecamatan Kabupaten Garut. Lima kecamatan itu masing-masing Kecamatan Banjarwangi, Cikajang, Cisurupan, Tarogong Kidul, dan Kecamatan Garut Kota.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, menyebut, akibat banjir tersebut ratusan rumah sempat terendam air dan warga diungsikan. 

Untuk wilayah Kecamatan Garut Kota dan Tarogong Kidul, warga yang diungsikan merupakan warga yang tinggal di sekitar Sungai Cimanuk.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Air meluap dan masuk ke rumah-rumah warga di sejumlah titik, hingga malam ini kami masih menghitung rumah yang terdampak banjir bandang," ujarnya Tubagus, Selasa 7 April 2020 malam.

Sementara itu, Komandan Koramil 1116 Cikajang Garut, Kapten Inf. Didi melaporkan, di wilayahnya terdapat empat desa yang dilanda banjir bandang. Keempat desa tersebut masing-masing Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Desa Cibodas, Mekarjaya, dan Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Cibarengkok yang merupakan salah satu hulu sungai Cimanuk. Di desa itu ada empat kampung yang terdampak sekitar 266 Kepala Keluarga (KK)," ungkapnya.

Di Kecamatan Cikajang seperti di Desa Mekarjaya banjir menggenangi 51 rumah, satu pondok pesantren di Desa Mekarjaya, tiga rumah di Desa Mekarsari, dan beberapa rumah di Desa Cibodas. Banjir di Kecamatan Cikajang merupakan dampak jebolnya tanggul Sungai Cibarengkok.

"Sejauh ini kami belum mendapat laporan adanya korban jiwa, namun ratusan warga terpaksa mengungsi ke tempat aman," kata Didi.

Sejauh ini, kondisi air sudah mulai surut, sebagian warga mulai kembali ke rumahnya untuk mengevakuasi barang-barang berharga dari rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya