Wabah Corona, Angka Kriminalitas Menurun

Ilustrasi penangkapan pelaku kejahatan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA –  Polri mengatakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara nasional kondusif di tengah pandemi wabah corona covid-19. Bahkan, terjadi penurunan angka kejahatan, pelanggaran dan gangguan kamtibmas yang cukup signifikan pada saat ini.

Kendaraan Tempur Pengawal Para Kepala Negara saat World Water Forum di Bali

"Situasi kamtibmas secara umum bahwa berdasarkan data evaluasi kondisi kamtibmas sampai hari ini alhamdulillah semua dalam kondisi kondusif. Terjadi penurunan yang signifikan terhadap angka kejahatan pelanggaran dan juga gangguan," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra, dalam konferensi pers melalui akun YouTube BNPB, Kamis, 9 April 2020.

Asep mengatakan, pada minggu ke-13 dan 14 terjadi penurunan angka kejahatan mencapai angka 11 persen. Pada minggu ke-13 sebanyak 4.197 kejahatan dan minggu ke-14 terjadi 3.743 kejahatan.

Brigjen Mukti Sebut Gembong Narkoba Fredy Pratama Sudah Kehabisan Modal

"Hal ini merupakan sebuah indikator penurunan nilai atau jumlah kejahatan sebesar 11,03 persen," katanya.

Sementara itu, pelanggaran kamtibmas pun terjadi penurunan sebesar 53,28 persen. Pada minggu ke-13 terjadi pelanggaran sebanyak 301 dan minggu ke-14 terjadi pelanggaran sebanyak 139. 

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

"Berikutnya gangguan kamtibmas minggu ke-13 sebanyak 69 dan gangguan di minggu ke-14 ada 45. Dalam interpretasinya bahwa terjadi penurunan gangguan kamtibmas sebanyak 34,78 persen. Jadi bahwa kondisi kamtibmas saat ini sangat kondusif, bahkan terjadi penurunan angka baik kriminalitas, pelanggaran, dan gangguan menurun secara signifikan," ujar Asep.

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan (Doc: IG)

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

Mobil berpelat dinas Polri milik Polda Jawa Barat terlibat kecelakaan di tol layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ), pada Senin, 6 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024