Pasien Positif Covid-19 Pertama di Kabupaten Serang, Pria 75 Tahun

VIVA – Pemerintah Kabupaten Serang, Banten secara resmi menyatakan ada satu orang warganya positif Corona Covid-19. Sebelumnya, wilayah ini masih dinyatakan negatif Corona. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pasien positif tersebut diketahui berjenis kelamin laki-laki dan berusia 75 tahun. Pria itu berdomisili di Nambo Ilir, Kabupaten Serang, Banten. Pasien sudah dirawat di RSUD Banten sejak 29 Maret 2020 dan dalam kondisi stabil.

"Kamis sore ada hasil laboratorium dari Litbangkes Kemenkes positif Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi, saat dikonfirmasi, Jumat, 10 April 2020.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pasien memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta. Usai pulang dari Ibu Kota, dia mengalami keluhan sesak nafas dan berobat ke beberapa klinik. Hingga akhirnya, yang bersangkutan dirujuk ke RSUD Banten dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) per tanggal 29 Maret 2020.

Dijelaskan Agus, usai pasien dirawat di RSUD Banten, keluarga inti pasien sudah dilakukan rapid test. Lalu, pada hari ini, Jumat 10 April 2020, tim Dinkes Kabupaten Serang berencana akan melakukan pemeriksaan swab terhadap keluarga inti pasien.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Sesuai protap, Jumat akan kami lakukan swab dan jika diperlukan akan kami lakukan isolasi di RS, (swab) bagi keluarga terdekat yang rapid test-nya reaktif," jelasnya. 

Pengecekan Covid-19 melalui rapid test akan diperluas hingga ke warga sekitar rumah. Kemudian, sejumlah orang yang pernah bersentuhan dengan pasien. 

Usai pemeriksaan, maka rumah dan lingkungan tempat tinggal dan lokasi kerja pasien akan disemprotkan disinfektan.

"Pemeriksaan bukan hanya keluarga terdekat, tapi warga sekitar yang pernah kontak dengan pasien. Untuk karyawan nanti langkah selanjutnya. Penyakit penyerta hasil pemeriksaan ada penyakit jantung," jelasnya.

Kemudian di Kota Serang, pasien positif Covid-19 bertambah satu. Totalnya kini di Kota Serang menjadi dua pasien positif. Setelah sebelumnya seorang sopir di toko bangunan dinyatakan positif Corona. 

Kasus positif kedua di Ibu Kota Banten ini merupakan warga Kelurahan Penancangan. Setelah dilakukan tracking, tidak ada kaitan keluarga maupun indikasi pernah bersentuhan dengan pasien positif pertama yang merupakan warga Kelurahan Unyur. Pasien kedua sudah menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Banten.

"Saya terima bahwa ada penambahan Covid positif dari kelurahan Penancangan. Saat ini pasiennya dirawat di RS Banten," kata Kadinkes Kota Serang, M. Iqbal, dalam pesan singkatnya, Kamis, 9 April 2020.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya