Terdampak Corona, Harga Ayam Ras di Sumut Anjlok Rp10 Ribu Per Kg

VIVA – Harga jual ?ayam ras pedaging di tingkat peternak anjlok di kisaran Rp10.000 per kilogram. Hal ini, imbas dari penyebaran virus corona atau Covid-19. Sedangkan, harga produksi meningkat.?

Harga Ayam Potong di Kabupaten Ketapang Naik Sentuh Rp 45.000 per Kilogram

"Untuk ongkos produksi mencapai Rp17.000 per kg, sementara harga jual di Sumut rata-rata hanya Rp10.000 per kg dan peternak merugi Rp7.000 per kg," tutur Peternak ayam di Kabupaten Serdang Bedagai, Muslim, Sabtu 11 April 2020.

Muslim mengatakan kerugian harus ditanggung, karena ?harga jual dengan produksi tidak sebanding, harga jual jauh di bawah ongkos produksi. ?Bila hal ini, terus terjadi tanpa di atasi oleh Pemerintah setempat. Ia mengungkap peternak akan 'gulung tikar' secara otomatis.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Muslim berharap agar pemerintah menanggapi hal ini dan duduk bersama dengan pengusaha dan kemitraan peternakan agar mencari solusi dan menentukan harga pasar, harga jual jangan terlalu jauh dengan ongkos produksi.

"Kalau bisa secepatnya, jangan terlalu berlarut-larut karena usaha kecil menengah yang akan tergilas. Kondisi seperti ini sudah berlangsung tiga pekan," tutur Muslim.?

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Ia juga membandingkan harga jual ayam saat moneter dengan sekarang. Saat krisis moneter harga jual naik sementara sekarang ini ongkos produksi naik harga jual menurun. 

"Setiap hari merugi, jika dipertahankan makin merugi. Dan kami tidak tahu kondisi ini akan sampai kapan," jelas Muslim.

Terpisah, seorang pedagang ayam di Medan, Sri mengaku, membeli ayam dengan harga Rp13.500 per kg dari distributor. Harga tersebut naik dari hari sebelumnya Rp12.500 per kg.

"Di sini rata-rata harga ayam relatif murah mulai dari Rp18.000 hingga Rp20.000. Kalau ayam murah seperti ini, banyak yang beli, sehari bisa 70-100 kg," sebut Sri, kemarin.

Sri menjelaskan dibanding tahun-tahun sebelumnya, biasanya menjelang Ramadan harga ayam selalu tinggi. Tahun ini harganya merosot tajam.

"Kalau harga normal biasanya Rp24-25 ribu per kg. Ini enggak tahu kenapa murah, mungkin karena corona dan tidak ada pesta," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya