Speedboat Terbalik, Plh Sekda Sarmi Papua Hilang

VIVAnews - Komandan Kodim (Dandim) 1712/Sarmi Letkol Inf, Lamberth Jerry Mailoa, menyatakan TNI-Polri bersama SAR Sarmi masih melakukan pencarian terhadap Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Sarmi, Flavius Yaas, yang ikut dalam kecelakaan speedboat terbalik di Laut Armo atau Kondiwar, Distrik Sarmi, Kabupaten Sarmi, Papua, pada Sabtu, 11 April 2020.

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

Lamberth mengatakan speedboat tersebut diketahui terbalik pada pukul 22.05 WIT dari Sarmi membawa 4 penumpang yakni Flavius Yaas (Plh Sekda Kabupaten Sarmi), Antonio Yaas (anak), Geri Kawaine serta (anak) dan Yuliance Esris (motoris).

Lamberth menyampaikan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIT. Rombongan Flavius Yaas berangkat dari pelabuhan Sarmi menuju ke Pulau Liki menggunakan speedboat dengan tujuan ibadah paskah.

Berkali-kali Selundupkan Sabu dari Malaysia Pakai Perahu, Pelaku Terancam Pidana Seumur Hidup

“Pukul 19.30 WIT, speedboat yang ditumpangai Flavius Yaas (Plh. Sekda Sarmi) dan rombongan terbalik di antara pulau kosong dan Pulau Liki,” kata Dandim Lamberth, Minggu, 12 April 2020.

Sementara, keluarga atas nama ibu Carolina Simopiaref menerima informasi via telepon dari masyarakat di Pulau Armo pukul 22.05 WIT, bahwa speedboat yang ditumpangi Flavius Yaas dan rombongan terbalik didapatkan informasi dari Yuliance Esris yang berenang dari speedboat terbalik ke Pantai Kondiwar Pulau Armo Distrik Sarmi, Kabupaten Sarmi.

Universitas Gunadarma Luncurkan Perahu Listrik dan Sepeda Listrik Amfibi

Kemudian, pukul 22.10 WIT, masyarakat Pulau Armo Distrik Sarmi Kabupaten Sarmi melakukan pencarian speedboat terbalik yang ditumpangi oleh Flavius Yaas sambil menunggu Tim Basarnas.

Disebutkan, pukul 23.30 WIT, Tim Basarnas dengan jumlah 6 orang yang dipimpin oleh AKP Anton Sarwom (Kasat Satpol Air Polres Sarmi dan AKP Fransis Wacukur (Kasat Sabara Polres Sarmi) dan 7 perahu nelayan menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) tempat speedboat terbalik.

“Pukul 00.10 WIT, Tim Basarnas dengan jumlah 6 orang yang dipimpin oleh AKP Anton Sarwom (Kasat Satpol Air Polres Sarmi dan AKP Fransis Wacukur (Kasat Sabara Polres Sarmi) dan 7 perahu nelayan tiba di TKP tempat speedboat terbalik dan langsung melaksanakan pencarian,” katanya.

Menurut dia, Tim Basarnas pukul 01.43 WIT, berhasil menemukan dua korban laka laut keponakan dari Flavius Yaas atas nama Geri Kawaine (anak), Antonio Yaas (anak). Mereka ditemukan dalam keadaan aman, 2 mil dari timur Pulau Armo untuk sementara Flavius Yaas masih dalam proses pencarian.

Sementara itu, speedboat Polairut bergerak dari TKP membawa 2 orang korban laka laut keponakan dari Flavius Yaas menuju pelabuhan Sarmi untuk mendapat perawatan medis. Speedboat Polairut yang membawa 2 orang korban laka laut keponakan dari Flavius Yaas tiba di pelabuhan Sarmi. Dua orang korban laka laut keponakan dari Plh. Sekda Sarmi di antar menggunakan mobil dinas Patwal milik Polres Sarmi Menuju Puskesmas Sarmi untuk mendapatkan perawatan medis.

Terpisah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kakansar) Jayapura Zainul Thahar mengatakan Tim Basarnas hingga saat ini masih melakukan proses pencarian Flavius Yaas. Sedangkan tiga orang temanya sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

“Kalau tidak salah mereka pergi untuk mancing,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya