3 Polisi Korban Bentrok Dimakamkan, Pangdam Cenderawasih Minta Maaf

VIVA – Panglima Daerah Militer Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, mengatakan jajaran TNI menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran kepolisian maupun yang berada di jajaran Polda Papua atas insiden bentrok kesalahpahaman anggota Satgas Yonif/755 Pamrahwan dengan anggota Polres Mamberamo Raya pada Minggu, 12 April 2020.

Pangdam Cenderawasih Minta Maaf Buntut Oknum TNI Aniaya KKB di Papua

“Hari ini kita mengantar keberangkatan 3 jenazah anggota Polri korban kejadian itu. Kami turut belasungkawa atas saudara kita yang telah mendahului kita,” kata Pangdam, Senin 13 April 2020.

Pangdam menyebutkan, TNI tetap melakukan tindakan hukum kepada para pelaku dan telah mengirimkan tim investigasi yang sudah berada di Kasonaweja Mamberamo Raya.

Pangdam Cendrawasih Ungkap Kronologi Oknum TNI Aniaya Warga Papua Anggota KKB

“Kami bersama Kapolda Papua mendukung proses perjalanan sampai ke pemakaman, saya berharap TNI-Polri tetap menjaga sinergitas serta menjaga kedamaian yang berada di Papua,”ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam menyampaikan terimakasih kepada semua unsur pimpinan dan jajaran yang telah membantu dan bekerja sama dari proses penjemputan sampai pengantaran terhadap 3 jenazah anggota Polres Mamberamo Raya menuju rumah duka di Merauke dan Mappi.

3 Jenazah Korban Penembakan KKB di Kabupaten Paniai Dievakuasi ke Nabire

“Untuk keluarga yang ditinggalkan kami turut belasungkawa serta dapat menerima kenyataan ini,”ujarnya.

Lanjut dia, setelah acara pelepasan jenazah ini kami juga akan berangkat ke Mamberamo Raya guna meninjau tempat kejadian perkara (TKP) serta memberikan ketenangan kepada seluruh prajurit agar terus mengabdikan diri.

Paulus mengungkapkan, ketiga jenazah anggota  Polres Mamberamo Raya ini akan di terbangkan ke Kampung halaman masing-masing. 2 jenazah atas nama Briptu Marcelino Rumaikewi dan Briptu Alexander Ndun akan dimakamkan di Merauke sedangkan 1 jenazah Bripda Yosias Dibangga akan dimakamkan di Mappi.

Sedangkan  untuk 2 korban luka tembak, saat ini masih dirawat di RS Bhayangkara Jayapura dan dalam keadaan sadar atas nama Bripka Alva Titaley mengalami luka tembak pada paha kiri sebanyak 1 kali, Brigpol Robert Marien mengalami luka tembak pada punggung belakang sebanyak 3 kali.

Untuk diketahui pada pukul 08.40 Wit bertempat di RS. Bhayangkara, telah dilaksanakan upacara pelepasan 3 jenazah anggota Polres Mamberamo Raya ke Kabupaten Merauke.

Hadiri dalam upacara itu Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Pangdam/XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Waka Polda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki, Bupati Kabupaten Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, Pejabat Utama Polda Papua, Pejabat Utama Kodam/XVII Cenderawasih.

Upacara pelepasan jenazah dipimpin oleh Dir Samapta Polda Papua Kombes Pol. Sondang Siagian. Jenazah diantar oleh Kapolda dan Pandam XVII/Cenderawasih beserta rombongan menuju Base Ops lanud Silas Papare.

Setelah  jenazah tiba di Base Ops Lanud Silas Papare selanjutnya dilakukan upacara penghormatan terakhir kepada 3 jenazah  yang diangkut menuju Pesawat Hercules  TNI AU A2307 selanjutnya diberangkatkan menuju Base Ops Lanus J.A Dimara Merauke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya