Dampak Virus Corona, Pemkot Batu Beri Warga Uang Tunai Rp1 Juta

Serang petugas bank menghitung pecahan uang rupiah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Pemerintah Kota Batu menyiapkan anggaran sebesar Rp102 miliar dalam penanganan wabah virus corona Covid-19. Dana Rp60 miliar diantaranya akan dibagikan ke warga Kota Batu sebagai bantuan tunai bagi yang terdampak Covid-19.

Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan di Kota Batu Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, M Chori mengatakan, anggaran sebesar Rp102 miliar didapat dari pengalihan proyek bukan prioritas dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Batu. Jumlah penerima bantuan uang masih didata oleh Pemkot Batu. Bantuan uang ini akan dibagikan melalui mekanisme transfer di bank.

"Pemkot Batu bakal memberikan bantuan Rp1 juta setiap Kartu Keluarga (KK). Nominal tersebut didasarkan pada biaya kebutuhan hidup sesuai standar BPS Kota Batu. Berdasar perhitungan, pengeluaran per kapita warga Kota Batu adalah Rp501 ribu per kepala," kata Chori, dikutip Selasa, 14 April 2020.

Aset yang Disita dari Skandal Korupsi Timah Harvey Moeis Cs Belum Sampai Rp 300 M

Chori mengatakan Pemkot Batu ingin meringankan beban warganya yang sebagian besar merupakan petani, pedagang sayur dan penyedia jasa pariwisata. Saat ini sedang dilakukan verifikasi dan validasi data oleh pemerintah desa atau kelurahan. 

Pemkot Malang juga mengimbau bagi masyarakat terdampak yang belum terdaftar untuk bisa menghubungi pemerintah desa atau kelurahan melalui RT atau RW.

Buka Layanan Tukar Uang Lebaran di Istora, BI Sebut Kuota Sudah Penuh 

"Proses pemberiannya juga bakal dilakukan secara ketat dan terukur. Sehingga bantuan tersebut benar-benar bisa sampai kepada masyarakat yang memang berhak menerima. Soal besaran anggaran tentu pertimbangan lainnya besaran nilai jaring pengaman sosial ini sesuai kemampuan daerah masing-masing," ujar Chori.

Selain mendapat bantuan uang tunai. Warga Kota Batu juga akan mendapat bantuan bahan pokok berupa sembako. Penyaluran sembako ini akan dilakukan langsung oleh pihak kelurahan. Sementara ini, ada dia orang mengidap virus corona di Kota Batu.

"Juga ada pembagian beras bagi warga kurang mampu dari Dinas Ketahanan pangan akan dibagikan hari Selasa untuk 2.655 KK. Dengan total 26.550 kilogram beras," tutur Chori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya