Arab Saudi Masih Lockdown, Umrah Ramadan Hampir Pasti Ditutup

VIVA – Virus Corona atau Covid-19, mewabah hampir di seluruh dunia tak terkecuali Arab Saudi. Negeri tempat kiblatnya umat muslim tersebut juga menerapkan beberapa kebijakan untuk memutus mata rantai Covid-19 salah satunya dengan sempat menutup  Masjidil Haram, Mekah.

Indonesian Hajj Pilgrims to Receive Smart Card from Saudi Arabia

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Nizar, mengatakan, akibat adanya virus ini, pelaksanaan ibadah umrah juga terkena dampaknya. Saat ini, kata Nizar, sejumlah hotel bintang 5 di Arab Saudi, tengah digunakan sebagai lokasi karantina warga Arab yang baru datang dari luar negeri.

"Kondisi di Arab Saudi saat ini hotel-hotel di gunakan untuk karantina orang Arab yang baru datang dari luar negeri. Ini kondisi hotel bintang 5 di sekitar Arab Saudi," kata Nizar, dalam rapat bersama DPR Rabu kemarin, 16 April 2020. 

Indonesia, Saudi Arabia to Explore Deeper Cooperation in Hajj Aviation

Nizar juga mengatakan, ibadah umrah selama Ramadan, hampir dapat dipastikan akan ditutup. Padahal, bulan Ramadan menjadi waktu favorit umat muslim untuk melaksanakan ibadah umrah, tetapi dengan adanya pandemi Covid-19, hampir dapat dipastikan akan ditutup.

"Kementerian haji dan umrah Kerajaan Arab Saudi itu memprediksi umrah Ramadan close. Hampir 90 persen (kepastian). Asumsi kalkulasi, jadi artinya kalau ada mungkin teman-teman kita yang sudah boking umroh Ramadan sebaiknya di-rescheduli saja, karena informasi ter-update 90 persen tidak ada," ujarnya

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Pastikan Tak Ada Lagi Haji Ilegal Tahun Ini

Bukan hanya Ibadah umrah pada saat Ramadan. Nizar juga mengungkapkan, Kementerian Urusan Agama Islam di Kerajaan Arab Saudi juga telah mengeluarkan edaran terkait penyelenggaraan ibadah Ramadan, seperti Salat Tarawih, agar dilakukan di rumah.

"Ada pengumuman dari kementerian urusan Agama Islam dari sana sudah memberikan semacam edaran atau pengumuman bahwa tarawih di rumah masing-masing, supaya untuk penduduk orang Arab itu dilakukan di rumah masing-masing," ujarnya.

Peziarah mencium tugu penanda bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Anda Akan Beribadah di Tanah Suci

Perjalanan haji merupakan ibadah istimewa yang menuntut persiapan matang. Di luar kondisi fisik dan mental yang prima, jemaah perlu mempersiapkan perlengkapan yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024