Pulang dari Aceh, Dua Mahasiswa Malaysia Positif Corona

VIVA – Dua Mahasiswa asal Malaysia yang pulang dari Aceh dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Hal itu diketahui saat mereka tiba di Malaysia dan periksa oleh otoritas kesehatan di Negeri Jiran tersebut.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 UIN Arraniry, Ibnu Sakdan membenarkan dua mahasiswa itu berasal dari kampus UIN Arraniry. Kata dia, mahasiswa tersebut warga Malaysia sedang menempuh pendidikan di UIN.

“Ya benar dua (mahasiswa UIN), mereka mahasiswa aktif UIN tapi warga Malaysia,” kata Ibnu saat dikonfirmasi, Senin, 20 April 2020.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dari informasi yang diperoleh Ibnu, sebelumnya dua mahasiswa itu tak pulang lantaran kebijakan lockdown di Malaysia. Kemudian, edaran Rektor setempat agar mahasiswa tidak pulang kampung.

Hanya saja, kata Ibnu, Dubes Malaysia membuat kebijakan bagi warganya yang hendak pulang akan difasilitasi. Sehingga, mahasiswa asal Malaysia di Aceh memilih untuk pulang dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Mereka berangkat dari Bandara Sultan Iskandar Muda, pada 16 April 2020 menuju Bandara Kualanamu, Medan untuk transit. Kemudian, kembali melakukan penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Menurut Ibnu, selama di Aceh mereka memang jarang keluar rumah. Mereka lebih banyak berdiam diri di rumah. 

“Selama kuliah keduanya tidak suka keluar rumah atau jalan-jalan, mereka tipikal yang senang berdiam diri di rumah,” ujarnya.

Ia menduga, mahasiswa itu terpapar virus corona saat transit di Bandara Kuala Namu, Medan. “Dugaan kita, di Medan mereka kena saat transit,” ujarnya.

Sementara itu, warga sekitaran rumah kost yang ditempati dua mahasiswa itu, dilakukan uji rapid test, untuk mencegah penularan virus corona. 

 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya