Menag: Mudik Tahun Ini Lebih Banyak Mudaratnya

Ilustrasi kendaraan pemudik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/nz/18

VIVA – Menteri Agama, Fachrul Razi, menyampaikan, alasan pemerintah melarang mudik pada hari raya Idul Fitri atau lebaran mendatang. Menurut dia, kondisi pendemi corona saat ini, berkumpul bersama keluarga di kampung halaman lebih berisiko, dibanding situasi normal.

"Mudik sekarang lebih banyak mudaratnya, tanpa disadari dapat membawa virus ke kampung. Mudarat kebih banyak dari manfaat," ujar Fachrul dalam melalui video konferensi di Jakarta, Selasa 21 April 2020.

Fachrul pun menjelaskan mengapa baru saat ini disampaikan mudik dilarang. Sebab, jika pada pertengahan puasa imbauan disampaikan, dikhawatirkan masyarakat sudah memiliki rencana yang sulit dibatalkan.

"Biasanya di awal Ramadhan sudah mengambil ancang-ancang. Kalau kita sudah mengambil ancang-ancang pulang ke kampung seolah boleh, tiba-tiba pertengahan Ramadhan diumumkan tidak boleh, jadi kita sia-sia saja," ujarnya.

Namun demikian, Fachrul berharap, momen Ramadan kali ini umat Islam tetap beribadah dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Pemerintah, kata dia, tak bosan- bosan mengajak masyarakat untuk jaga jarak, jaga kesehatan dan sedapat mungkin beraktivitas dari rumah.

"Tanpa mengurangi kegairahan kita di bulan Ramadhan, kita sebaiknya di tempat kita masing-masing saja, kita melaksanakan salat-salat wajib, salat tarawih, tadarus, dan sebagainya di rumah,” kata Fachrul.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen
Pelaku pencurian rumah kosong saat mudik lebaran

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Pelaku merupakan orang kepercayaan korban. Kejadian diketahui saat korban kembali setelah mudik lebaran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024