Harga Emas hingga Gula Pasir Kerek Inflasi April 2020

Perhiasan emas yang dijual di toko. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Survei Pematauan Harga minggu ke-3 April 2020 Bank Indonesia menunjukkan, tingkat inflasi pada April 2020 masih akan terkendali di posisi 0,22 persen secara bulanan dan 2,82 persen secara tahunan. 

Rupiah Perkasa ke Rp 16.088 per Dolar AS Usai Rilis Data Inflasi RI

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyatakan, komoditas yang akan menyumbang inflasi atau mengalami kenaikan harga yakni bawang merah, emas perhiasan hingga gula pasir.

"Ini sekali lagi menunjukkan inflasi terkendali dan rendah. Kalau lihat komoditasnya bawang merah, emas perhiasan, gula pasir tapi juga ada sejumlah komoditas yang deflasi, cabe merah, daging ayam, telor dan lain-lain," kata dia saat telekonferensi, Rabu, 22 April 2020.

Inflasi RI April Capai 3 Persen, BI: Masih Terjaga Sesuai Target 2024

Secara umum, Perry mengatakan, pada bulan ini kebutuhan pangan pokok masyarakat akan tetap tersedia dan mencukupi. Sebab, untuk beras saja, dikatakannya mulai memasuki masa panen.

"Pemantauan kami dari kantor BI di seluruh Indonesia. 46 kantor kami laporannya inflasi itu terkendali dan rendah, sejumlah daerah laporkan beras itu juga sudah masa panen, sehingga produksi dalam negeri meningkat," tegas dia.

Imbas Konflik Israel-Iran, Emas Sumbang 0,08 Persen ke Inflasi RI April 2024 

Adapun untuk selama bulan ramadan ini atau hingga Mei 2020 dipastikannya harga-harga kebutuhan pokok juga akan terkendali. Selain akan terjadinya panen di sejumlah wilayah, permintaan barang oleh masyarakat juga terbilang tengah turun akibat wabah virus corona (Covid-19).

"Berbagai faktor itu, terkendalinya ekspektasi inflasi dan langkah kebijakan yang ditempuh itu yang mendasari inflasi rendah dan terkendali. BI meyakini inflasi tahun ini akan terkendali dalam sasaran tiga plus minus satu persen," tegas dia.

Logam mulia emas.

Harga Emas Hari Ini 3 Mei 2024: Global Merosot, Antam Anjlok

Harga emas internasional bersiap untuk penurunan mingguan kedua berturut-turut, bahkan ketika emas batangan diperdagangkan hampir datar hari ini Jumat, 3 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024