Gubernur Jawa Tengah Sarankan Tadarus Alquran via Media Sosial

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau masyarakat agar melaksanakan tarawih berjemaah di rumah tanpa harus ke masjid. Sebab, Ramadhan tahun ini warga Indonesia, khusunya Jawa Tengah, sedang diuji dengan wabah virus corona.

5 Potret Paula Verhoeven Berhijab, Cantik dan Anggun!

"Jika sebelumnya banyak kegiatan berkumpul, kali ini semuanya dibatasi. Beberapa aturan ibadah pun diterapkan untuk menghindari penyebaran wabah Covid-19, salah satunya soal tarawih," ujar Ganjar di Semarang, Kamis, 23 April 2020.

Wabah Covid-19 membuat Ramadhan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya salat tarawih, tadarus dan itikaf di masjid, maka untuk tahun ini, Ganjar meminta cukup tarawih dan tadarus di rumah saja.

Nasib Pilu Warga Gaza, Tank dan Roket Israel Masih Terus Menyerang saat Momen Idul Fitri

Meski demikian, Ganjar tidak melarang masyarakat untuk mengunjungi masjid. Ia mengingatkan agar masjid tetap dikunjungi jemaah tapi jumlahnya dibatasi. Kumandang bacaan Alquran juga akan tetap terdengar.

"Saya sudah minta kepada pengurus masjid tetap menyelenggarakan pengajian dan tadarus lewat pengeras suara agar bisa diikuti jamaah di rumah masing-masing. Atau syukur-syukur disiarkan secara live dengan sosial media," ujarnya Ganjar.

Terpopuler: Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR, Sederet Artis yang Meninggal di Bulan Ramadhan 2024

Masyarakat juga diminta tidak menggelar acara iftar atau berbuka puasa bersama dan sahur bersama. Semua kegiatan Ramadhan dilakukan di rumah bersama keluarga. "Cukup buka dan sahur bersama dengan keluarga di rumah yang kita cintai.”

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong akan mengundurkan diri dari jabatannya bulan depan. Wakilnya, Lawrence Wong, yang nantinya akan mengambil alih jabatan ter

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024