Sultan HB X Ingatkan Peran Gotong Royong di Masa Pandemi Corona

VIVA – Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, meminta masyarakat menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19) secara bersama-sama dan bergotong royong. Pesan Sultan HB X ini disampaikan dalam program #SultanMenyapa Jilid 3, Selasa 28 April 2020. Program #SultanMenyapa ini rutin disampaikan setiap hari Selasa.

Sultan HB X menerangkan bahwa generasi saat ini yang tengah berjuang melawan Corona akan menjadi generasi yang tahan uji. Penilaian generasi tahan uji ini akan diberikan oleh generasi mendatang yang tak menghadapi pandemi virus Corona.

"Memasuki Ramadhan 1441 Hijriyah beberapa hari lalu, saya khusus memberikan pesan kepada generasi penerus ketika saatnya nanti tiba. Saya yakin, generasi mereka yang tidak mengalami musibah dunia ini, tentu akan membanggakan generasi kita sebagai orang-orang yang tahan uji," ujar Sultan HB X.

"Karena menghadapi tantangan ini bersama-sama dan bergotong-royong dengan semangat golong gilig mewujudkan kembali Pancasila sebagai jati diri bangsa," sambung Sultan HB X.

Sultan HB X mengingat jika kebersamaan dan gotong royong masyarakat dalam menghadapi virus Corona ini mirip kondisinya dengan saat masyarakat Yogyakarta bersama-sama mengatasi bencana gempa bumi di tahun 2006.

Sultan HB X menyebut saat gempa bumi 2006, masyarakat bahu membahu tanpa memandang apa agama yang menolong maupun yang ditolong.

"Saat ini, seperti masa-masa gempa tahun 2006 lalu, kita melihat fenomena yang memberi harapan. Saat itu, para ulama, lintas agama bekerjasama membantu para korban tanpa menanyakan: 'Apa agamamu?'," ucap Sultan HB X.

"Terbukti, di hati nurani mereka yang paling dalam, selalu bersemi semangat toleransi antar umat beragama. Saat ini kita juga menyaksikan kisah-kisah mengharukan. Mereka bekerjasama dan saling berbagi," kata Sultan HB X.

Sultan menyebut saat ini orang-orang saling membantu dan menjaga. Bahkan dunia bisnis pun diubah menjadi dunia pengabdian bagi kemanusiaan untuk sesama yang papa.

"Di bulan penuh keutamaan dan keistimewaan ini, semoga keberkahan dan kebahagiaan berada di sekitar kita. Terima kasih," ujar Sultan HB X menutup pesannya.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran
Menu Gulai Kambing di Masjid Gedhe Kauman

Tradisi Takjil Gulai Kambing Setiap Malam Jumat di Masjid Kauman Yogyakarta

Tradisi Takjil Gulai Kambing Setiap Malam Jumat di Masjid Kauman Yogyakarta

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024