Malang Raya Siap-siap PSBB, Wagub Jatim Bilang Warga Boleh ke Pasar

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak saat berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat saat di kota Malang.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak meninjau sejumlah pasar tradisional di Kota Malang sebagai persiapan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pengendalian wabah virus corona di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Emil mengungkapkan, saat berkunjung ke Pasar Oro-oro Dowo Malang dia sempat mendapat keluhan dari masyarakat. Mereka berpikir saat PSBB diterapkan warga dilarang keluar rumah termasuk belanja kebutuhan pokok di pasar. Dia pun memberikan pengertian bahwa warga tetap dibolehkan belanja asal menerapkan protokol kesehatan seperti physicial distancing dan menggunakan masker.

"Saya katakan bahwa saat PSBB pun masyarakat boleh berbelanja. Asal saat berboncengan ke pasar merupakan orang serumah atau pasanganya. Kalau tidak serumah, ya, tidak boleh berboncengan. Kalau naik mobil tidak boleh satu mobil empat orang, harus dua orang. Ini juga yang berlaku di Surabaya Raya," kata Emil.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Dia pun meminta masyarakat Malang Raya untuk tidak panik saat PSBB benar-benar diterapkan di wilayah ini. Masyarakt diimbau tetap tenang dan tidak melakukan panic buying atau memborong kebutuhan pokok dengan jumlah besar. Masyarakat diminta membeli sesuai kebutuhan saja.

Persiapan PSBB di Malang Raya sedang diseriusi oleh tiga kepala daerah di wilayah ini. Apalagi data terbaru per 2 Mei jumlah pasien positif di Malang Raya mencapai, 55 orang. Wali Kota Malang Sutiaji, Bupati Malang M Sanusi dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko telah sepakat PSBB. Namun, draf PSBB untuk lingkup Malang Raya hingga belum sampai ke meja Gubernur Jatim.

Anggota DPR Harap BUMN Bisa Jadi Solusi Hadapi Persoalan Ketahanan Pangan

"Sampai dengan kemarin seperti informasi yang diberikan oleh ibu Gubernur [Khofifah Indar Parawansa] surat PSBB itu belum diterim Pemprov Jatim. Ibu Gubernur Jatim masih terus berkomunikasi dengan para kepala daerah se-Malang Raya," ujar Emil.

Kapten Vincent kena flu Singapura

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kapten Vincent belum lama ini membagikan pengalaman kesehatannya yang mengkhawatirkan melalui akun Instagramnya. Vincent diketahui terkena penyakit flu Singapura.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024