Was-was Ibadah Haji, Kemenag Minta Saudi Putuskan di Akhir Ramadhan

VIVA – Komisi VIII DPR RI menggelar Rapat kerja bersama dengan Kementerian Agama pada hari ini, Senin 11 Mei 2020. Rapat kerja salah satu membahas mengenai persiapan Ibadah Haji tahun 1441 H atau 2020 M yang masih belum ada keputusan akibat wabah corona atau covid-19.

Saudia Airlines Angkut 106 Ribu Jemaah Haji Indonesia 2024

Sampai saat ini, apakah penyelenggara ibadah haji tahun ini akan diselenggarakan atau tidak, Kemenang masih menunggu informasi resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Kemenag meminta Kementerian Arab Saudi memberikan batas akhir untuk menentukan apakah ibadah haji tahun ini dilaksanakam atau dibatalkan. Karena hal itu jelas berkaitan dengan persiapan ibadah haji di Tanah Air.

"Sampai saat ini kami masih menunggu informasi resmi mengenai kepastian pelaksanaan atau pembatalan haji tahun 1441 H atau 2020 M dari pemerintah Arab Saudi. Namun demikian, perlu diputuskan kapan batas akhir waktu menunggu ada tidaknya keputusan pelaksanaan haji tahun 1441 H atau 2020 M dimaksud dari pemerintah Saudi," kata Wamenag, Zainut Tauhid, Senin 11 Mei 2020.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Batas akhir kepastian tersebut akan dapat menentukan persiapan Pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan haji di Tanah Air. Pemerintah juga akan menyiapkan bagaimana langkah yang akan diambil apabila haji dilaksanakan di tengah Pandemi Corona saat ini.

"Urgensi adanya pembatasan waktu terakhir tersebut dimaksudkan sebagai dasar bagi penyelenggara untuk menilai ketersedian waktu yang paling memungkinkan dalam persiapan dan  pelaksanaan haji tahun 2020 dalam suasana dan/atau situasi yang tidak normal seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Batas waktu tersebut juga akan menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan estimasi penanganan Covid-19 untuk persiapan ibadah haji dalam negeri. Kemenag, mengusulkan akhir bulan Ramadhan atau tanggal 20 Mei menjadi batas akhir kepastian haji dilaksanakan atau tidak.

"Pada kesempatan raker yang baik ini, kami juga mengusulkan batas waktu terakhir menunggu kepastian penyelenggaran haji tahun 1441 H atau 2020 M dari Arab Saudi adalah pada tanggal 20 Mei 2020 atau pada akhir bulan ramadhan 1441 H sebelum Arab Saudi berlibur musim panas sampai minggu kedua bulan Juni 2020," ujarnya.

Kerja Sama Saudi Airlines dan Kemenag

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

Jemaah dan petugas yang akan menggunakan layanan Saudia Airlines tersebar di 11 provinsi yang akan diberangkatkan melalui lima embarkasi.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024