Insan KPK Dilarang Main Golf Bareng Pihak Berperkara

Petugas membersihkan logo Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi menerbitkan tiga peraturan kode etik bagi Dewan Pengawas, Pimpinan, dan seluruh pegawai KPK. Tiga instrumen itu berlaku sejak 4 Mei 2020, dan harus dipatuhi sebagai pedoman bekerja serta berperilaku di lembaga antirasuah. 

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Menukil Peraturan Dewan Pengawas Nomor 1 Tahun 2020, setiap insan Komisi dilarang bermain golf atau olahraga lain bersama pihak-pihak yang secara langsung atau tak langsung memiliki keterkaitan dengan suatu perkara yang sedang ditangani tim KPK.

Penyebutan “olahraga lain” merupakan klausul tambahan sekaligus penegasan dari regulasi yang sudah ada sebelumnya, yakni Peraturan Komisi Nomor 7 Tahun 2013 tentang Nilai-nilai Dasar Pribadi, Kode Etik, dan Pedoman Perilaku KPK.

Punya Mobil Mercedes-Benz Bisa Wakili Indonesia di Ajang Internasional

"Tidak bermain golf atau olahraga lainnya dengan pihak atau pihak-pihak yang secara langsung atau tidak langsung berpotensi menimbulkan benturan kepentingan dengan Komisi,” disebutkan dalam poin 15 Peraturan Dewan Pengawas Nomor 1 Tahun 2020, seperti dikutip VIVAnews, Jumat, 15 Mei 2020.

Peristiwa berolahraga bersama itu sebelumnya pernah menjadi polemik di KPK. Ketika itu, Firli Bahuri yang masih menjabat Deputi Penindakan KPK terbukti berolahraga bersama mantan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). Padahal saat itu, tim KPK sedang melakukan penyelidikan dugaan korupsi terkait kepemilikan saham pemerintah daerah dalam PT Newmont pada 2009-2016.

Didesak Tahan Firli Bahuri, Irjen Karyoto Bilang Begini

Dua peraturan lainnya adalah Peraturan Dewan Pengawas Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penegakkan Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK, serta Peraturan Dewan Pengawas Nomor 3 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemeriksaan dan Persidangan Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK.

VIVA Otomotif: Volkswagen Golf R 20th Anniversary

Volkswagen Golf Ulang Tahun ke-50, Segini Angka Penjualannya

50 tahun telah berlalu, setelah Volkswagen Golf pertama kali diluncurkan pada tahun 1974. Sejak saat itu, lebih dari 37 juta unit telah terjual di seluruh dunia dan menja

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024