Demi Kelancaran Logistik PSBB, PUPR Rampungkan Flyover Simpang Gaplek

VIVA –Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan, selesainya pembangunan Flyover Martadinata atau Pamulang di Simpang Gaplek, Jalan Raya Martadinata, Tangerang Selatan.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penyelesaian itu dilakukan untuk mendukung jalur logistik kebutuhan pokok serta pergerakan yang diizinkan Pemerintah selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kebijakan larangan Mudik Lebaran 2020.

Menurut dia, infrastruktur jalan dan jembatan tetap disiapkan sebagai jalur logistik, termasuk ruas jalan yang fungsional jika dibutuhkan, untuk kelancaran produksi dan distribusi barang kebutuhan pokok, obat-obatan atau alat kesehatan, serta layanan kesehatan atau kendaraan medis.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

“Layanan konektivitas yang semakin baik akan menunjang kelancaran logistik, terutama pada masa Pandemi Covid-19 ini. Selain itu juga untuk menopang perekonomian masyarakat," tegas dia melalui siaran pers, Sabtu, 16 Mei 2020.

Flyover Martadinata dibangun oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VI Jakarta Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR dengan panjang 983,5 meter dan lebar 35 meter. 

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Biaya pembangunannya bersumber dari APBN sebesar Rp79,9 miliar melalui skema Multi Years Contract atau tahan jamak kontrak 2019-2020. Saat ini progres fisik pengerjaannya sudah mencapai 100 persen.

Flyover dibangun dengan menggunakan Teknologi Corrugated Mortar Busa dengan mengkombinasikan dua bahan untuk struktur bangunan atas jembatan yaitu baja struktur bergelombang dengan material ringan Mortar Busa.

"Selain dinilai lebih menghemat biaya, keunggulan Mortar Busa juga lebih efisien waktu pengerjaan jika dibandingkan dengan konstruksi konvensional dan ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit material konstruksi terutama bahan alam," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya