Bersama Relawan Jokowi, Sandiaga Bagi Sembako ke Warga

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 terus bergerak membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Aksi yang dilakukan seperti menggelar rapid test massal gratis maupun membagikan sembako untuk warga yang terdampak Covid-19. 

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

Hari ini, Ketua umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Uno bergerak bersama kelompok relawan Galang Kemajuan Center (GKC) Jokowi, yang juga merupakan bagian dari Relawan Indonesia bersatu. Sandiaga dan relawan hari ini bergerak membagi-bagikan sembako kepada warga yang tak terdata bantuan dari pemerintah. Mereka yakni pedagang mie ayam dan manusia gerobak yang tidak mengantongi KTP Jakarta. 

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 sendiri merupakan kumpulan kelompok relawan yang bergerak membantu pemerintah menghadapi Covid-19. Di dalamnya berisi Relawan Gugus Tugas, Relawan Jokowi, Relawan Sandiaga Uno maupun relawan dari ormas-ormas di Indonesia.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Bantuan kali ini diberikan untuk warga RT 6, RW 9, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu, 17 Mei 2020. Sandiaga didampingi Ketua umum GKC Jokowi, Kelik Wirawan, Sekjen GKC Jokowi, Didi Budiono, Bendahara GKC Jokowi, Ade Rukmini.

Sandi menyusuri gang-gang kecil menuju pemukiman warga yang akan diberikan bantuan sembako.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

"Kami baru saja melakukan kegiatan mendata masyarakat penerima bantuan. Banyak yang belum tersentuh bantuan, oleh karena itu hari ini bersama relawan kita turun di kelurahan Pasar Manggis, RT 06 RW 09. Di sini ada beberapa keluarga yang tadi Alhamdulilah sempat bersilaturahim, ada juga dari pedagang mie ayam, pak Suharno, yang Alhamdulillah berkomitmen tidak mudik," kata Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, pihaknya juga berencana menggelar rapid test di kawasan tersebut.

"Di daerah padat ini juga belum diadakan rapid test, jadi salah satu masukan yang akan kami bawa ke Relawan Indonesia Bersatu adalah untuk menyasar kegiatan rapid test disini nanti, kegiatan mobile rapid test berbasis PCR karena di sini daerahnya sangat padat," ujar Sandiaga.

Seorang warga bernama Hannah menyampaikan terima kasih setelah mendapat bantuan dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Ibu rumah tangga ini mengaku belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, meski memiliki e-KTP DKI Jakarta. 

"Alhamdulilah sekali, saya belum dapat bantuan kebetulan pak," kata Hannah. 

Adapun paket sembako yang dibagikan berupa Beras, Gula, Susu, Kecap, Telur dan lain-lain. Paket Sembako yang dibagikan sebanyak 350.

Usai menyerahkan sembako ke warga RT 6, RW 9, Kelurahan Pasar Manggis, Sandiaga dan relawan kemudian berpindah ke lokasi kedua, di kawasan Kuningan, Jaksel. 

Menjelang buka puasa, Sandiaga menyempatkan diri untuk menyapa pemulung yang setiap harinya menggunakan gerobak atau disebut 'manusia gerobak'. Sandiaga dalam kesempatan itu, juga memberikan bantuan paket sembako untuk mereka. 

"Ini untuk meringankan beban ya bu," ucap Sandiaga kepada seorang ibu yang membawa gerobak.

"Tetap jaga kesehatan, pakai masker jangan lupa ya," ucap Sandiaga

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini turut mengajak masyarakat untuk tetap bersatu melawan Virus Corona ini. Ia berharap, Indonesia bisa melewati pandemi Covid-19 ini secepatnya.

"Menurut saya yang harus kita lakukan adalah lawan Covid-19, tapi mulai beradaptasi dengan realita baru, beginilah kita semua pakai masker tidak boleh tidak pakai masker, jaga jarak. Kita harus terima bahwa ini suatu kenyataan hidup yang harus kita terima, ini harus sama yakini syukuri, segera beradaptasi, mudah-mudahan Covid-19 segera diangkat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya