Test Massal Corona Dilakukan di Daerah Terpadat se-Asia Tenggara

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 kembali menggelar rapid test dan PCR test untuk membantu pemerintah mempercepat penanganan Covid-19. Kali ini, relawan yang dikomandoi Sandiaga Uno menggelar test massal di kompleks DPS, Jalan Percetakan Negara, RT 12/RW 6, Johar Baru, Jakarta Pusat.

7 Negara dengan Populasi Daerah Kumuh Terbesar di Dunia

Ketua umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Uno, mengatakan alasan menggelar mobile rapid test Covid-19 di Johar Baru karena daerah ini merupakan daerah padat penduduk dan sempat muncul klaster baru Covid-19. Hari ini, sebanyak 500 alat rapid test disiapkan.

"Hari ini kita hadir untuk melihat secara langsung gelar rapid test dan mobile PCR testing. Ini bukti gerak cepat kita dan kita ingin mencegah cluster baru karena Johar Baru ini adalah salah satu kelurahan terpadat di jakarta, malah terpadat di asia tenggara. Hari ini targetnya 500 yang mengikuti test," ucap Sandiaga kepada wartwan, Selasa, 18 Mei 2020.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

Sandi mengungkapkan mobile rapid test ini diharapkan dapat membantu memutus rantai penularan Covid-19. Rapid dan PCR test massal yang dilakukan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19

"Dan harapan kita adalah melakukan mobile testing ini untuk membantu pemutusan mata rantai Covid-19. Kapasitasnya mobile unit ini 500 dan hari ini bisa langsung keluar hasilnya dalam waktu 3 jam. Ini adalah bagian dari kita untuk membantu, mengatasi, menanggulangi, mempercepat kita untuk melawan virus corona," jelasnya.

PDIP Tak Persoalkan Kerja Sama Politik untuk Mengusung Khofifah dalam Pilkada Jatim

"Jadi kita ucapkan terima kasih, ini bukti kerjasama antara relawan, pemerintah, warga masyarakat yang gerak cepat," sambung dia.

Lebih lanjut, Sandi memastikan pihaknya akan terus bergerak untuk menggelar rapid test maupun PCR test Covid-19 di titik-titik yang daerah padat penduduk. Dengan rapid test ini diharapkan dapat mencegah penularan Covid-19. 

"Ini akan kita sasar untuk membantu melakukan testing dan pelacakan dan juga ada treatment. Kalau dari warga disini alhamdulilah belum ada terpapar dan kita harapkan bisa terjaga daerah Johar Baru ini," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya