Logo ABC

Kisah Raja Pane, Wartawan yang 40 Tahun Bersahabat dengan Iwan Fals

Bagaimana anda membina persahabatan apalagi bila sahabat anda itu salah satu pemusik legendaris di Indonesia seperti Iwan Fals.

Itulah yang dialami oleh Raja Pane yang sudah bersahabat dengan Iwan selama 40 tahun sejak pertama kali bertemu di bangku kuliah di tahun 1980.

Raja yang adalah wartawan senior di Jakarta sekarang menuliskan cerita persahabatan mereka di Facebook dan seri terakhir, dengan judul Persahabatan 40 Tahun sebanyak 20 tulisan ditulis hari Jumat (22/5/2020), dengan judul "Surat Terbuka Untuk Iwan Fals."

Serial tulisan Raja Pane yang pernah bekerja di harian Terbit, dan Media Olahraga Go tersebut mendapat banyak sambutan dari mereka yang mengenal Iwan Fals.

"Surat ini sengaja saya tulis terbuka kepada sahabat saya Iwan Fals untuk saling mengingatkan."

"Karena selama kita bersahabat, kita sering berdiskusi, berdebat, malah kadang ngotot-ngototan. Semua yang kita lakukan itu, demi prinsip kita agar tetap saling menjaga, saling menghargai, dan juga saling respek." tulis Raja Pane.

"Dalam belantika musik, banyak penyanyi yang mencoba meniru gaya Iwan maupun dalam penulisan syair. Tapi, mereka tetaplah imitasi."

"Karena Iwan memamg memiliki karakter yang sulit ditiru oleh siapa pun. Iwan memiliki ciri khas. Saya pernah sampaikan sama Iwan, bahwa ia memang sengaja dilahirkan di Indonesia untuk mengeritik penguasa dan pejabat, terutama di zaman Orba."

"Iwan sudah menjadi anugrah buat Indonesia."

"Jadi, ke depan, Iwan jangan sampai berubah. Iwan harus mempertahakan independennya sebagai penyanyi, bukan partisan."

"Iwan kita harapkan harus menjadi anjing yang terus menggonggong. Bila perlu jangan hanya seperti anjing kampung.

"Tapi, jadilah seperti anjing herder yang penciumannya sangat tajam. Sehingga menimbulkan efek jera bagi mereka yang digonggong Iwan." tulis Raja lagi.

Kepada wartawan ABC Indonesia Sastra Wijaya, Raja Pane mengatakan bahwa dia tidak pernah menduga pertemanan mereka akan langgeng selama ini.