Jokowi dan Maruf Amin Akan Takbiran Virtual Sambut Idul Fitri

Masjid Istiqlal Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Rifki Arsilan

VIVA – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama, menggelar Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idul Fitri dari Masjid Istiqlal, Sabtu, 23 Mei 2020.

Itu dilakukan demi menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah. Seluruh umat muslim diharapkan dapat tetap bersuka cita meski mewabahnya virus corona (Covid-19).

"Oleh karenanya, kita membuat program Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idul Fitri dari Istiqlal," ujar Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin, melalui siaran pers, Sabtu, 23 Mei 2020.

Takbir Virtual ini, kata dia, akan diikuti oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin melalui konferensi video. Begitu juga dengan Menteri Agama Fachrul Razi, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, imam besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar serta tokoh-tokoh muslim lainnya.

Kegiatan itu, dikatakan Kamaruddin, akan dimulai pukul 19.30 WIB. Tayangannya akan disiarkan langsung melalui Youtube dan akun media sosial resmi Kementerian Agama serta tv pool TVRI.

"Jadi malam ini kita bisa tetap bertakbiran bersama meski lewat virtual. Mari kumandangkan takbir dari rumah kita masing-masing dengan suka cita," ajak Kamaruddin.

Sebelumnya, pemerintah juga telah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling jelang Syawal, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Takbir tersebut diimbau untuk dilakukan di rumah masing-masing.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pasokan dan Harga Pangan di Bali Masih Aman
Pemudik menggunakan bus sudah memadati Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Pemudik Sudah Bisa Manfaatkan Mudikpedia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyediakan informasi dan panduan mudik Lebaran 2024 bagi warga di dalam buku elektronik Mudikpedia.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024