Kesan Prabowo hingga Susi Pudjiastuti Tak Jumpa Keluarga Saat Lebaran 

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah kali ini, tidak hanya dirasakan berbeda bagi masyarakat. Bagi para pejabat negara, pesan-pesan juga disampaikan di kala merayakan hari kemenangan saat situasi pandemi. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Seperti Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, lewat akun media sosial miliknya. Dia menyampaikan halal bihalal yang menjadi tradisi selama Lebaran terpaksa dibatalkan karena adanya ketentuan menjaga jarak. 

Selepas salat Ied dengan jumlah terbatas, Prabowo pun hanya menggelar pertemuan dengan orang-orang terdekat Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Mungkin tak ada acara ziarah-ziarah ke tetangga maupun sowan ke para sesepuh dan keluarga lain, karena masing-masing dari kita harus saling menjaga jarak," tulis Prabowo, Minggu 24 Mei 2020.

Begitu juga dengan Ketua DPR Puan Maharani. Menurut Puan, ibadah puasa yang dijalani selama satu bulan penuh di tahun ini penuh makna. Ia menilai, ujian selama menghadapi corona telah menumbuhkan semangat rasa solidaritas antar masyarakat.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Dengan gotong royong kita menjadi lebih kuat melawan pandemi virus corona," kata dia.

Ucapan Idul Fitri pun disampaikan eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Hampir semua pejabat maupun tokoh tidak menggelar gelar griya dan open house yang mengundang tamu datang ke rumah mereka.

Susi melihat, silaturahmi yang kini banyak dilakukan secara virtual justru makin mempererat tali persaudaraan.

"(Idul Fitri tahun ini) tidak mengurangi ketulusan dan kebesaran jiwa kita untuk saling memaafkan. Dan semoga berkah Ramadhan terus bersama kita untuk bisa saling berbagi dengan sesama," ujar Susi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya