Tinjau Arus Balik, Kakorlantas: Kendaraan Logistik Mendominasi

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono secara marathon meninjau sejumlah pos pengamanan arus balik.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Peninjauan hari ini antara lain dilakukan di pos jaga Cikopo, pos check point Patok Besi, Pantura Subang dan check point KM 47 tol Cikampek arah Jakarta.

Dalam pantauannya, Istiono menyebut arus balik hingga H+4 Lebaran didominasi oleh kendaraan logistik. Hal ini berdasarkan laporan 146 pos titik penjagaan.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

"Evaluasi hari ini kami sampaikan, bahwa arus balik sampai hari ini adalah H+4. Kecenderungan arus balik ini masih didominasi oleh angkutan logistik dan kecenderungan lalin di sekat-sekat 146 pos penjagaan Jatim sampai Lampung ini landai semuanya, dan didominasi oleh angkutan logistik," ujar Istiono dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 Mei 2020.

Mantan Kapolda Bangka Belitung ini menyebut, ada keengganan masyarakat untuk mulai berpindah atau melakukan perjalanan dari kota ke kota, termasuk silaturahmi antar kota.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Menurutnya, kondisi lalu lintas cukup terkendali dan tidak ada penumpukan di lokasi-lokasi penyekatan di 146 pos dari Lampung hingga Jatim.

Kemudian, total kendaraan yang dihalau saat arus mudik dan balik sebanyak 103 ribu kendaraan. Adapun rinciannya, 78 ribu kendaraan saat arus mudik dan 25 ribu saat arus balik.

"Nah kita cek sama-sama Jalur Pantura dari Jomin ini di daerah Subang, Patok Besi kecendrungannya jalur A dan B cukup landai terkendali semuanya," ucapnya. 

Dalam tinjauan kali ini, Istiono didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Eddy Djuanaedi dan Direktur Jasa Raharja Budi Rahardjo.

Saat di setiap pos yang ditinjau, Kakorlantas menyempatkan untuk membagikan masker dan vitamin terhadap personel yang berjaga di pos penyekatan atau check point.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya