Juru Runding GAM-RI Meninggal Dunia

Juru runding Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Nurdin Abdul Rahman meninggal dunia
Sumber :
  • VIVAnews/Dani Randi

VIVA – Seorang anggota juru runding Gerakan Aceh Merdeka (GAM) saat merintis perdamaian di Helsinki, Finlandia, Nurdin Abdul Rahman meninggal dunia di kediamannya, di Komplek Perumahan Hotel Meuligoe Cot Gapu Bireuen, pada hari Senin, 8 Juni 2020.

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Said Didu: Selamat Jalan Bang, Perjuanganmu Akan Kami Lanjutkan

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto saat dikonfirmasi. Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah juga sudah menyampaikan duka cita kepada keluarga almarhum.

"Plt Gubernur menyampaikan duka cita mendalam dan rasa kehilangan atas berpulangnya Bapak Nurdin Abdul Rahman," ujar Iswanto.

Cerita soal Ayahnya dan Rekonsiliasi GAM, Prabowo Sebut Punya Hubungan Emosional dengan Aceh

Semasa hidupnya almarhum yang lahir 28 Desember 1948 dikenal sebagai sosok yang aktif dan sempat menjabat sejumlah posisi. Ketika Aceh masih dilanda konflik bersenjata, Nurdin adalah salah seorang tokoh GAM yang bermukim di Australia. 

Almarhum juga terlibat dalam proses perundingan GAM-RI, dengan menjadi salah satu anggota juru runding dari GAM yang kemudian membuahkan perdamaian pada Agustus 2005 atau dikenal sebagai MoU Helsinki.

Prabowo Cerita Kronologi Rekonsiliasi dengan Tokoh GAM Muzakir Manaf

Saat pilkada Aceh 2007, Nurdin Abdul Rahman juga terpilih sebagai Bupati Bireuen saat berpasangan dengan Busmadar Ismail dan memimpin kabupaten Bireuen hingga 2012. 

Di akhir hayatnya, almarhum juga aktif sebagai Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah, Kabupaten Bireuen dan Kepala Kantor Urusan Internasional pada Universitas Al Muslim, Bireuen.

Paslon nomor 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di Paku Integritas KPK

Eks Panglima GAM se Aceh Bakal Berlabuh ke Prabowo, Segera Deklarasi Dukungan

Eks Panglima GAM Muzakir Manaf atau Mualem yang akan mengumpulkan semua anggota komite peralihan Aceh (KPA) dalam deklarasi dukung Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2024