Pesawat Pengangkut BBM Tergelincir di Papua, Tidak Ada Korban Jiwa

Pesawat pembawa BBM tergelincir di Bandara Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pesawat milik Pelita Air tergelincir di Bandara Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Selasa, 9 Juni 2020 sekitar pukul 09.15 WIT. Pesawat diawaki oleh pilot warga negara New Zealand, Anderson Matthew James.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

"Telah terjadi crash landing pesawat Pelita Air Nomor registrasi PK-PAG," ujar Kabid Humas Polda Papua Komisaris Besar Polisi Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis, Selasa, 9 Juni 2020.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Pilot telah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karubaga untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatan oleh tim medis. 

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Pesawat tersebut diketahui mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis solar sebanyak tiga ton. Usai kejadian, BBM tersebut telah dipindahkan ke truk pengangkut. "Pilot telah dievakuasi ke RSUD Karubaga untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatan oleh tim medis," katanya.

Lebih lanjut, Kamal merinci, pesawat tersebut berangkat dari Bandara Timika pada pukul 08.00 WIT. Akibat crash landing, ban pesawat tergelincir dan akhirnya menabrak pagar landasan pacu di Bandara Karubaga. 

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Kepolisian telah berkoordinasi dengan pihak terkait soal insiden tersebut. Proses penyelidikan masih dilakukan hingga saat ini. "Mendatangi lokasi, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, melakukan penyelidikan," katanya.

Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024