Pemerintah Diminta Bikin Kurikulum Baru di Masa New Normal

VIVAnews - Pemerintah diminta membuat kurikulum baru selama masa pandemi dan pasca-pandemi virus corona Covid-19. Alasannya agar hak anak-anak untuk mendapatkan pendidikan tidak terhalangi meskipun situasi pandemi dan masuk ke situasi new normal seperti sekarang ini.

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI), Enggartiasto Lukita, mengatakan untuk mewujudkan cita-cita Presiden Joko Widodo menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk kemajuan bangsa. Maka, pendidikan satu-satunya yang bisa menentukan.

“Mari kita jujur. Sebelum pandemi saja kita merasa ketertinggalan dibanding dengan beberapa negara yang maju, apalagi sekarang kita di tengah pandemi. Karena itu, pembelajaran jarak jauh jadi topik utama dan kita sedang beradaptasi dengan budaya baru dalam pembelajaran,” kata Enggar pada Selasa, 9 Juni 2020.

Kisah Sosok Ini Jadi Jenderal TNI Berkat ‘Ramalan’ Boneka

Menurut dia, kurikulum 2013 yang begitu padat tentu tidak mungkin diterapkan selama masa pandemi ini. Makanya, perlu konstruksi kurikulum yang relevan saat pandemi maupun pasca-pandemi. Artinya, Indonesia butuh kurikulum era pandemi yang adaptif dengan perubahan global tersebut.

“Ini tantangan kita semua, dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh ini standar tidak ada yang seragam. Ini diserahkan kepada kreativitas masing-masing guru dan sekolah. Karena akan terjadi kesenjangan dari satu guru dengan guru yang lain, sekolah satu dengan sekolah lain, satu kota dengan kota lain, satu provinsi dengan provinsi lain yang memang tidak dipersiapkan untuk itu,” ujarnya.

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Dengan demikian, Enggar bersama Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia menyerukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim agar mempertimbangkan urgensi dari hal ini secara tajam dan lebih jauh lagi.

“Kita sampaikan kepada Mas Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim), kita sampaikan secara tertulis dan terbuka kepada pemerintah,” kata mantan Menteri Perdagangan ini.

Bos Apple Tim Cook (Tengah).

Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang memastikan Apple telah resmi berinvestasi senilai Rp 1,6 triliun di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024