Perdana, Presiden Jokowi Sambangi Markas Gugus Tugas Covid-19

VIVA – Presiden Jokowi mengunjungi kantor Gugus Tugas Nasional Penanganan Covid-19 yang berada di Graha BNPB, Jakarta, Rabu 10 Juni 2020.

Jokowi: Indonesia Bisa Produksi 1,6 Juta Motor Listrik, tapi Baru 100 Ribu Unit

Kehadiran Jokowi disambut Ketua Gugus Tugas Doni Monardo dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan, Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sekaligus sebagai Ketua Dewan Pengarah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Tiba di kantor Gugus Tugas, Jokowi langsung beranjak ke sebuah ruangan dan langsung menerima paparan dari Doni Monardo. Danjen Kopassus itu menyampaikan informasi terbaru mengenai tentang program penanganan terhadap virus tersebut sejak kelompok kerja khusus ini terbentuk.

Jokowi Beri Sinyal Kelanjutan Insentif Mobil Hybrid

"Sehingga arahan dari Bapak Presiden terkait masalah ketahanan kesehatan menjadi tugas prioritas," kata Doni saat memaparkan kepada kepala negara.

Sekadar diketahui, kehadiran Jokowi untuk pertama kalinya sejak negara menyatakan penularan virus sudah meluas di berbagai daerah dan menyatakan status darurat kesehatan.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Doni menyampaikan, dalam struktur Gugus Tugas, dirinya dibantu banyak kalangan yang datang dari berbagai disiplin ilmu. Di sisi lain, ia menyadari, adanya keterbatasan seperti kekurangan tenaga medis ahli, seperti dokter paru yang dianggap kurang memadai untuk menangani pasien dalam jumlah banyak.

"Kami juga upayakan pencegahan. Kemudian, pendekatan keilmuan melalaui bidang kepakaran," katanya. 

Dalam kesempatan itu, Doni juga menyampaikan mengenai membaiknya koordinasi antara pemerintah pusat melalui Gugus Tugas dengan pemerintah daerah. Kehadiran Jokowi di kantor Gugus Tugas turut dihadiri 34 gubernur di seluruh Indonesia dan menteri- menteri terkait yang tersambung lewat virtual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya